Seribu Nelayan di Kota Kupang Dapat Asuransi Khusus

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota Kupang secara resmi menyerahkan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, berupa Asuransi Nelayan, kepada 1.000 nelayan diwilayah pesisir Kota Kupang. penyerahan kartu nelayan itu dilakukan di Kelurahan Nunbaun Sabu, Kecamatan Alak, Jumat (19/5/2017) .

Asuransi Nelayan, yang merupakan kerjasama antara Kementerian dan PT Asuransi Jasindo, diserahkan langsung Walikota Kupang, Jonas Salean secara simbolis kepada tiga orang penerima bantuan dari Kementerian DKP.

Kegiatan Penyerahan Bantuan itu dihadiri para nelayan di wilayah pesisir Kota Kupang, nampak hadir sejumlah pejabat eselon II, III di Lingkup pemerintah Kota Kupang, serta sejumlah Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama.

Usai penyerahan asuransi kepada para Nelayan, Walikota Kupang Jonas Salean dalam sambutannya mengatakan, secara keseluruhan terdapat 5459 nelayan yang berada di Kota Kupang, dan sudah terdapat 1394 nelayan yang mendapat jatah asuransi nelayan. Dengan jumlah tersebut masih terdapat 4000 ribu lebih nelayan yang belum terdaftar untuk asuransi dari Kementerian DKP, dan sangat diharapkan semua nelayan bisa mendapatkan kartu asuransi tersebut.

“Penyerahan asuransi nelayan oleh pemerintah kota Kupang sudah dilakukan sebanyak tiga tahap sejak tahun 2015,” kata Jonas.

Baca : Menteri Pariwisata Dukung Pengembangan Pariwisata di NTT

Ia mengatakan, pemerintah pusat, punya perhatian khusus kepada para nelayan karena usaha nelayan dipengaruhi oleh faktor alam. “Kalau cuaca bagus, nelayan pasti mendapat rejeki yang banyak. Tetapi kalau cuaca buruk maka nelayan dipastikan tidak mendapat berkat, karena mereka umumnya tidak melaut,” ujarnya.

Selain itu, profesi nelayan sangat beresiko buruk, sehingga kementerian memberikan perhatian khusus. Asuransi ini sangat menguntungkan bagi para nelayan, jika mengalami kecelakaan, dan kematian.

Pada kesempatan itu, walikota juga menyerahkan Kartu Identitas nelayan, bagi para nelayan di Kota Kupang, kartu nelayan fungsinya kartu identitas khusus yang menyerupai KTP dan fungsinya memberikan legilatas kepada para nelayan untuk bisa melakukan aktifitas melaut.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*