DKPP Rehabilitasi Anggota KPU Flores Timur dan Lembata

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlonenow.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merehabilitasi ketua, sekretaris, kasubag umum dan anggota KPU Flores Timur (Flotim), serta ketua dan anggota KPU Lembata, karena tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu.

Hal ini disampaikan Komisioner KPU Nusa Tenggara Timur (NTT), Yosafat Koli kepada wartawan di Kupang, Rabu (17/5/2017).

Menurut Yosafat, DKPP memutuskan tidak ada pelanggaran kode etik sebagaimana yang diadukan oleh Antonius Doni Dihen terhadap KPU Flotim dan Paket Titen, salah satu paket calon Bupati dalam Pilkada Lembata.

Rehabilitasi nama anggota KPU itu dituangkan dalam Putusan Nomor: 51/DKPP.PKE-VI/2017 dan Nomor 58/DKPP.PKE-/2017 dan Nomor53/DKPP.PKE-VI/2017 serta Nomor 54/DKPP.PKE-VI yang dibacakan pada tanggal 10 Mei lalu.

Dalam pengaduannya KPU Flotim dianggap melakukan pelanggaran dengan meminjamkan kotak suara sebanyak 2 buah kepada Paket Bereun yang memenangkan Pilkada Flores Timur pada masa kampanye untuk kepentingan simulasi.

Baca : Pekan Depan, DPC LVRI Belu Gelar Muscab Pilih Ketua Baru

Sedangkan untuk KPU Kabupaten Lembata diadukan karena dianggap meloloskan Calon Eliaser Yentji Sunur sebagai calon bupati karena dianggap sebagai petahana yang melakukan mutasi pejabat di Pemda Lembata sehingga menurut pengadu harus dibatalkan.

Dalam pertimbangannya DKPP tetap mengingatkan KPU Flores Timur untuk berhati -hati dalam menjalankan tugas karena meminjamkam kotak tidak menyalahi aturan, namun perlu ada sense of politics sehingga tidak menimbukkan syakwasangka pihak lain.

“Sedangkan untuk KPU Lembata mendapat pujian karena melalukan tindakan bijak menurut hukum dan etika serta memiliki kehati hatian yang tinggi sehingga keputusan yang diambil tepat,” tandasnya.

Yosafat menambahkan, KPU Provinsi NTT sesuai perintah Putusan DKPP telah menindaklanjuti dengan Keputusan KPU Provinsi NTT nomor 35 dan 36 tanggal 15 Mei 2017 tentang Rehabilitasi nama baik Anggota KPU Kabupaten Flores Timur dan Lembata.