Bupati Kupang Mendaftar Balon Gubernur di PKB NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Bupati Kupang Ayub Titu Eky, Rabu (17/5/2017), resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon (Balon) gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) di DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTT.

Bupati Kupang periode kedua itu datang ke Sekertariat DPW PKB NTT di Jalan Batu Tulis, Fatululi, Kota Kupang diantar puluhan tokoh masyarakat, sebagian diantaranya mengenakan pakaian tradisional setempat.

Setibanya di halaman Sekretariat DPW PKB NTT, terlebih dahulu dilakukan seremonial adat singkat. Setelah itu, Ayub Titu Eky bersama tim langsung masuk menyerahkan berkas pendaftaran dan diterima oleh jajaran pengurus DPW PKB NTT.

“Mewakili masyarakat Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, berbagai organisasi masyarakat Timor dan sejumlah elemen masyarakat lainnya, kami bersepakat mengantar pak Ayub mendaftar sebagai calon gubernur NTT,” ujar Hengky Benu, ketua tim pemenangan Ayub Titu Eky.

Sementara Ayub Titu Eky pada kesempatan itu mengatakan dirinya maju di pilgub NTT 2018 karena desakan yang cukup kuat dari sejumlah perwakilan masyarakat. Bahkan dorongan dari masyarakat itu terjadi secara berulang-ulang.

“Akhirnya saya menyatakan bersedia maju untuk menjawab suara hati masyarakat yang menginginkan saya maju. Saya sangat percaya bahwa Suara Rakyat adalah Suara Tuhan,” katanya.

Baca : 30 Kapal Pesiar Singgah di Labuan Bajo

Apalagi, kata dia, banyak masyarakat datang dengan pendekatan budaya. Oleh karena itu, dirinya memilih sikap maju dalam perhelatan politik pemilihan gubernur NTT periode 2018-2023.

“Setelah saya berpikir, kalau saya menolak, berarti saya menyangkal budaya dan tidak menghargai suara masyarakat yang adalah suara Tuhan,” katanya.

Sekretaris DPW PKB NTT, Aloysius M. Ladi saat menerima pendaftaran tersebut mengatakan, Lembaga Pemenangan Pemilu dan Desk Pilkada DPW PKB NTT sendiri hanya membuka pendaftaran bakal calon gubernur selama seminggu terhitung sejak tanggal 11 sampai 18 Mei 2017 mendatang.

“PKB membuka ruang yang sama kepada semua figur yang ingin mendaftar untuk ikut mengambil bagian dalam Pilkada gubernur 2018 mendatang, termasuk membuka ruang seluas-luasnya kepada figur perempuan,” katanya.

Aloysius menambahkan, mekanisme selanjutnya yakni partai akan menggodok kriteria semua kandidat bakal calon gubernur yang sudah mendaftar, setelah itu akan diserahkan ke DPP untuk selanjutnya diputuskan.