Anggota Yonif Raider 712/Wt Perbaiki PLTS Warga Yang Rusak

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Selain menjalankan tugas pokok menjaga kedaulatan wilayah NKRI di perbatasan Belu dan Timor Leste, prajurit Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 712/Wiratama memiliki perhatian besar terhadap kondisi warga perbatasan.

Slogan satuan asal Sulawesi Utara “siap melayani dengan hati” benar-benar dikedepankan para prajurit dalam melaksanakan tugas utamanya. Dimana anggota di Pos Foholulik, Desa Lo’oluna, Kecamatan Lamaknen Selatan menyempatkan waktu luang memperbaiki pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) milik warga yang telah rusak.

Hingga saat ini sudah terdapat PLTS milik 12 kepala keluarga di empat dusun dalam desa setempat yang PLTS mengalami kerusakan diperbaiki oleh personel di pos Satgas yang berbatasan langsung dengan distric Kovalima, Timor Leste.

Baca : Daftar di PKB, Iban Medah Janji Keluarkan NTT dari Kemiskinan

Dansatgas Letkol Inf. Inf. Elvino Yuhda Yonif 712/Wt melalui Danpos Sertu Dedi Dermawan, setelah diperbaiki, warga Lo’oluna di pelosok daerah yang mendapat bantuan Mabes di pelosok Kabupaten Belu dan Timor Leste, menikmati kembali penerangan listrik yang selama ini mengalami pemadaman.

Jelas dia, ada empat dusun PLTS milik warga rusak yang belum terjangkau. Hingga saat ini baru 12 PLTS milik warga yang sudah diperbaiki. Kedepan kita akan terus lanjutkan apa yang telah berhasil diperbaiki. Sehingga semua warga dapat menikmati listrik sehingga tidak ada lagi kegelapan.

“Kurasakan tidak terlalu parah dan komponen yang harus diganti yakni Accu dan bola lampu. Kalau sudah nyala, maka anak-anak sekolah tidak guyon dan selalu berdoa,” ujar siang dia.

Selanjutnya, kami akan memberikan penyuluhan melalui kegiatan sosialisasi kepada warga bagimana memperbaiki dan merawat mesin PLTS. “Diharapkan setiap warga dan unsur elemen dapat memahami cara bagaimana merawat mesin itu,” ujar Danpos.