Hyron Fernandez Bacagub NTT Pertama Daftar di PKB

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Bakal calaon gubernur (Bacagub) Nusa Tenggara Timur (NTT) dr. Hyronimus (Hyron) Fernandez resmi mendaftar ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTT, Sabtu (13/5/2017).

Pantauan media, Hyron Fernandez bersama timnya tiba di kantor Sekretariat DPW PKB NTT di Jalan Batu Tulis, Kelurahan Fatululi, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang sekira pukul 17.30 Wita.

Diterima oleh Sekretaris Desk Pilkada DPW PKB NTT, Allen Daud Dukabain bersama An Kolin, salah satu anggota panitia pendaftaran, yang mempeesilahkan Hyron Fernandez melakukan pendaftaran dengan menyerahkan berkas-berkas yang dibawa sebagaimana dipersyaratkan oleh partai.

Sekretaris Desk Pilkada DPW PKB NTT, Allen Daud Dukabain mengatakan, Hyron Fernandez menjadi kandidat pertama yang mendaftar sejak pembukaan pendaftaran sejak Kamis 11 Mei 2017 lalu.

“Sejak PKB buka pendaftaran, belum ada yang mendaftar, dan hari ini pak dokter Hyron Fernandez merupakan kandidat pertama yang mendaftar ke partai ini,” ungkap Allen.

Menurut Allen, sudah ada empat kandidat yang telah mengambil formulir pendaftaran. Meski begitu, belum ada komunikasi lebih lanjut dari empat kandidat tersebut terkait waktu pendaftaran.

Lembaga Pemenangan Pemilu dan Desk Pilkada DPW PKB NTT sendiri hanya membuka pendaftaran bakal calon gubernur selama seminggu terhitung sejak tanggal 11 sampai 18 Mei 2017 mendatang.

Baca : Fernandez Berniat Bawa NTT Keluar dari Kemisikinan

“PKB membuka ruang yang sama kepada semua figur yang ingin mendaftar untuk ikut mengambil bagian dalam Pilkada gubernur 2018 mendatang, termasuk membuka ruang seluas-luasnya kepada figur perempuan,” katanya.

Allen menambahkan, mekanisme selanjutnya yakni partai akan menggodok kriteria semua kandidat bakal calon gubernur yang mendaftar, kemudian mengajukannya ke DPP untuk selanjutnya diputuskan.

Pada kesempatan itu, Hyron Fernandez menyatakan, ketertarikannya mendaftar di PKB karena mengidolakan sosok Alm. Gus Dur sebagai tokoh nasionalis yang menjadi panutan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pendaftaran ke partai politik tetap dilakukan bilamana ada yang membuka, sementara pengumpulan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai syarat dukungan dari jalur independen-pun tetap dilakukan termasuk sosialisasi diri ke masyarakat di 22 kabupaten/kota bersama tim relawan.

Hyron Fernandez mengatakan, sejak dirinya mendeklarasikan diri untuk maju bertarung pada ajang pemilihan gubernur (pilgub) NTT 2018 mendatang, memilih maju melalui jalur independen.

Langkah ini sebagai bentuk pembelajaran politik karena kedaulatan ada di tangan rakyat. Walau begitu, ketika parpol membuka ruang untuk siapa saja mendaftar, maka dirinyapun mendaftarkan diri, karena nanti disurvei lebih lanjut.

“Kalau ada parpol lain yang buka pendaftaran tentu saya juga akan daftarkan diri. Ini karena nanti ada proses survei untuk melihat elektabilitas setiap figur yang mendaftarkan diri. Kami juga terus bergerak melakukan sosialisasi diri dan mengumpulkan KTP sebagai syarat dukungan melalui jalur independen juga akan kita lakukan,” ujarnya.