Tol Laut Belum Dimanfaatkan Maksimal Masyarakat Sumba Timur

Laporan Mohammad Habibudin
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kehadiran Tol Laut di Kabupaten Sumba Timur beberapa tahun terakhir ini merupakan peluang bagi pedagang atau Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk melakukan usahanya guna menekan harga kebutuhan pokok yang sangat tinggi di Sumba Timur bila dibanding dengan harga di Pulau Jawa.

“Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan program Tol Laut di NTT khususnya di Sumba Timur untuk menekan angka kemahalan harga barang, namun belum semua pedagang di Sumba Timur memanfaatkan program Tol Laut ini,”kata Irman seorang pemerhati usaha kecil menengah (UKM) Sumba, yang ditemui Selasa (9/5/2017).

Irman mengatakan, jika program Tol Laut ini digunakan sebaik-baiknya maka laju pertumbuhan ekonomi maupun harga barang di Sumba akan terus bertambah baik karna Tol Laut adalah sarana yang telah disiapkan pemerintah untuk jalur distribusi barang kebutuhan pokok dan barang-barang kebutuhan lainnya “Jadi selain menekan kemahalan harga barang juga dapat digunakan untuk distribusi barang dagangan ke daerah lain,”ujarnya.

Baca : DPD Gerindra NTT Ambilalih Pendaftaran Pilkada Ende

Senada dengan Elfira Rahman pedagang asal NTB menuturkan, penyebab Tol Laut belum dapat dimanfaatkan para pelaku usaha di Sumba Timur karna belum memahami program Tol Laut sebagai alat tranportasi laut yang sangat membantu para pelaku usaha baik kecil maupun menengah.

“Tapi kalau saya lihat Tol Laut hanya di manfaatkan oleh kelas menengah ke atas, makanya harga barang di Sumba Timur belum stabil karna masih dikuasai oleh pengusaha kelas atas,” tandasnya.

Lanjut dia, bila dilihat kendala yang dihadapi para pelaku usaha di Sumba Timur mengapa Tol Laut belum dimanfaatkan secara maksimal antara lain belum memiliki jaringan di luar daerah, selain itu pula persoalan modal dan juga mungkin ketrampilan dan jiwa kewirausahaan masih rendah, katanya.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*