Jembatan Noelmina Segera Direhab

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pihak Kementerian PUPR, lewat Balai Jalan Wilayah X Nusa Tenggara, akan melakukan rehab jembatan Noelmina di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Jembatan terpanjang di Provinsi NTT itu akan direhab setelah usianya mencapai 30 tahun.

Demikian dikatakan Kepala Balai Jalan Wilayah 10 Nusa Tenggara Ir.Hadrianus Bambang Nurhadi widiahartono,M.Sc. Kepada wartawan, di ruangkerjanya, Selasa (3/5/2017).

Dikatakan, Jembatan Noelmina dikerjakan pada masa Orde Baru, pada tahun 1987, jembatan ini dibangun dengan konstruksi baja dan diresmikan pada 14 Maret 1990, namun dengan usia yang sudah 30 tahun, jembatan tersebut butuh direhab, sehingga sesuai rencana rehab akan dilakukan pada tahun 2018 mendatang.

Baca : BI NTT Siapkan Rp1,5 Triliun Hadapi Lebaran

Menurutnya, rehab jembatan tidak akan dilakukan secara total, tetapi akan melihat material mana yang sudah rusak, misalnya, baut-baut pengikat, dan sejumlah penyangga yang dinilai tidak layak lagi. Apabila selesai direhab maka jembatan tersebut bisa bertahan selama 20 atau 25 tahun lagi, karena secara keselurahan, kondisi jembatan Noemina masih sangat baik, dan butuh rehab ringan.

Lebih lanjut dikatakan, untuk merehap jembatan tersebut, tentu jembatan tidak bisa dilewati kendaraan. Sebagai gantinya akan dibangun jembatan penyebarangan darurat agar bisa dimanfaatkan kendaraan untuk melewati kali Noelmina. Selain pihaknya juga akan mempertimbangkan kondisi cuaca, sehingga proses rehab akan dilakukan setelah musim penghujan lewat.

“Proses rehab akan membutuhkan waktu lama, sehingga akan dibuat jembatan darurat. Selain itu proses rehab akan dilakukan setelah musim penghujan lewat,” ujarnya