Ketua DPR RI Resmikan Pemanfaatan Sumur Bor di Kota Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Hari ini, Senin (8/5/2017) Ketua DPR RI, Drs.Setya Novanto, meresmikan pemanfaatan enam sumur bor di tiga kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dibangun sejak 2016 lalu dengan dana sebesar Rp.5,5 miliar lebih. Pengresmian pemanfatan sumur bor di NTT, berlangsung di Gereja GMIT, Syalom Airnona, Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang.

Enam sumur bor yang diresmikan itu dibangun melalui Balai Sungai Wilayah Nusa Tenggara II sejak 2016 lalu. Pada kesempatan itu, Novanto mengatakan pembangunan enam sumur bor tersebut guna mengatasi masalah kekeringan yang sering melanda daerah ini.

“Masalah air bisa sedikit teratasi dengan adanya sumur bor ini,” katanya.
Masalah air bersih dan kemisknan masih terus melanda NTT, sehingga diperlukan pembangunan infrastruktur yang memadai untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat di daerah ini. “Saya sudah bicarakan dengan Gubernur NTT, apalagi yang dibutuhkan NTT untuk pembangunan,” katanya.

Baca : Pemilu Akses Penyandang Disabilitas Perlu Ditingkatkan

Berkaiatan dengan penyediaan air bersih dapat dikakukan percepatan. “Saya terus ingatkan pemerintah untuk bangun daerah ini, terutama air bersih dan sanitasi,” tegasnya.

Kepala Balai Sungai Nusa Tenggara II, Agus sosiawan mengatakan pembangunan enam sumur bor ini menggunakan dana tahun anggaran 2016, di enam lokasi di tiga kabupaten dan kota yakni Timor Tengah Selatan, Kabupaten Kupang, dan Kota Kupang. “Biaya air tanah ini sebesar Rp.5,5 miliar lebih,” katanya.

Data teknis dari sumur bor yang dibangun di Kota Kupang, jelas dia, kedalaman 60 meter dan debit air 6,9 liter per detik, dengan produksi 3 liter perdetik. “Kami berharap masyarakat dapat mengelola dan menjaga sumur bor ini dengan baik,” ujarnya.