Perpustakaan Belu Gelar Lomba Cerita Rakyat dan Pidato

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumen Kabupaten Belu akan menyelenggarakan lomba cerita rakyat dan pidato bagi pelajar Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Ketua Panitia pelaksana, Jhoni Martins kepada media, Jumat (5/2/2017) menuturkan, tujuan dilaksanakan kegiatan lomba itu selain mengembangkan minat membaca pelajar, juga memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei kemarin.

“Lombanya digelar pekan depan hari Senin 7 dan 8 Mei. Lomba cerita rakyat oleh pelajar SD sedangkan pidatonya pelajar SMA, SMK se-Kabupaten Belu,” ujar dia.

Baca : Fraksi Demokrat Juga Pertanyakan Dana PEM Tambahan

Jelas Martins, kegiatan tersebut merupakan program rutin Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumen yakni program pengembangan minat baca anak sejak dini. Konsep kegiatan mengedukasikan anak-anak untuk merangsang minat baca. Juga orang dewasa supaya datang ke Perpustakan karena seyogyanya Perpustakaan itu adalah gudang ilmu dan jendela pendidikan.

“Kita ingin mengedukasi anak-anak, tumbuhkan semangat dan minat anak membaca sejak dini juga orang dewasa agar bisa datang membaca buku di Perpustakaan,” urai dia.

Ditambahkan, juri untuk perlombaan cerita rakyat dari guru sastra dan bahasa. Sementara lomba pidatonya juri dari tokoh agama, media dan instansi Perpustakaan, tidak melibatkan pihak sekolah.

“Kita harapkan dengan kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari yakni Senin dan Selasa pekan depan bisa membuat orang khususnya anak-anak untuk tergerak hatinya datang membaca buku di Kantor Perpustakaan,” pinta Martins.