Juni, NasDem Buka Pendaftaran Pilkada

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sesuai rencana, Partai NasDem secara nasional akan membuka pendaftaran untuk pilkada serentak 2018 mendatang di seluruh Indonesia termasuk 10 kabupaten dan pilkada gubernur di NTT pada Juni nanti. Pendaftaran terbuka untuk umum, baik kader maupun non kader yang ingin menggunakan NasDem sebagai kendaraan politiknya.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem NTT, Alex Take Ofong sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Rabu (3/5/2017).

Alex menjelaskan, dengan dibukanya tahapan pendaftaran nanti, secara resmi Peraturan Organisasi (PO) 02/2016 tentang mekanisme pengusungan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dimulai. Pendaftaran dilaksanakan secara serentak untuk semua provinsi dan kabupaten/kota yang menyelenggarakan pilkada serentak pada 2018 mendatang.

“Kita masih menunggu kepastian tanggal tahapan pendaftaran yang dikeluarkan DPP, karena dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Alex.

Alex yang juga Wakil Ketua DPRD NTT ini menegaskan, berkaitan dengan hajatan pilkada, NasDem tetap konsisten menerapkan politik tanpa mahar, bersikap inklusif terhadap kader dan non kader partai. Menolak politik identitas yang sempit dimana terjebak dalam pragmatisme, sukuisme, dan transaksiolisme.

“Partai NasDem ingin calonkan pemimpin yang mampu menghadirkan restoratif untuk membawa NTT ke arah yang lebih baik,” tandas Alex.

Baca :82 ASN Kota Kupang Diambil Sampel Darahnya Untuk Test HIV&AIDS

Tentang kader NasDem siapa saja yang telah menyatakan niatnya untuk maju dalam bursa pilgub, Alex akui, hingga saat ini baru dirinya yang menyatakan niatnya. Untuk hal ini, dirinya telah dan terus melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat di provinsi kepulauan ini.

Tapi partai tetap mendorong semua kader yang memiliki keinginan untuk maju dalam bursa pilgub maupun kabupaten untuk mendaftarkan diri pada tahapan pendaftaran dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di daerahnya.

“Selama ini saya sudah lakukan sosialisasi di hampir semua daerah. Walau demikian, saya harus realistis seperti apa dukungan masyarakat pada survei nanti. Prinsipnya, seorang pemimpin harus siap diuji oleh partai dan masyarakat,” ujar Alex.

Alex menyatakan, sebenarnya partai ingin mendorong kader untuk maju dalam pilkada, tapi harus objektif dan realiistis dengan peta lapangan dimana harus teruji elektabilitas melalui proses survei. Dengan adanya perintah partai inilah, semua kader partai diminta untuk melakukan sosialisasi diri secara luas.