BKS Telah Melayani Lebih Dari 5200 Pasien

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sejak tiga tahun beroperasi, Brigade Kupang Sehat (BKS) yang menyediakan pelayanan kesehatan emergency secara mobile, telah menangani lebih dari 5200 pasien. Layanan kesehatan yang diberikan, langsung di rumah pasien, tanpa mengenal siang ataupun malam.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Ary Wijana kepada wartawan di Kupang.

Ary mengatakan, dari jumlah pelayanan yang telah diberikan BKS, sebanyak 58 persen merupakan pelayanan yang sifatnya emergency, sementara 42 persen merupakan penanganan bukan emergency.

Baca : April 2017, Sektor Transportasi Picu Inflasi NTT 0,24 Persen

“Memang kami selalu merespon panggilan yang masuk, namun ketika sampai ditempat, kami menemukan pasien tidak dalam kondisi seperti yang dilaporkan melalui telepon, tetapi kami tetap melakukan pemeriksaan dan pemberian obat seperti yang dibutuhkan pasien,” katanya.

Dikatakan, dengan tingginya penanganan panggilan emergency yang jumlah mencapai 58 persen dari total penanganan BKS,, pihaknya berencana akan membuka sub unit pelayanan BKS di enam kecamatan. Namun rencana itu belum bisa terlaksana dalam waktu dekat, karena pihaknya masih menyususn rencana kerja dan anggaran yang dibutuhkan. “Jika sudah selesai kami akan melaporkannya kepada kepala daerah untuk proses selanjutnya,” kata Ary.

Ary juga mengaku, bahwa pihak dinas kesehatan telah melakukan survey tingkat kepuasan dari masyarakat terhadap pelayanan BKS, dan dari hasil survey terhadap para pasien yang pernah ditangani BKS, 87 persen mengaku puas, sedangkan sisanya 13 persen mengaku tidak puas. Atas adanya pengakuan tidak puas, kata Ary, pihaknya akan memperbaiki pelayanan, sehingga semua masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberika BKS. Apalagi tujuan adanya BKS adalah memberikan pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat kepada masyarakat.