Pegawai PLN Sumbang 20 Ribu Buku di Hari Kartini

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Sekitar 20.000 buku layak baca disumbangkan ke lebih dari 150 taman bacaan/perupustakaan/sekolah di seluruh Indonesia dalam rangka peringatan Hari Kartini 2017. Aksi sosial ini merupakan wujud empati para pegawai PLN untuk meningkatkan minat baca masyarakat guna memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia.

Melalui rilis PLN yang diterima media ini, Jumat (21/4/2017) menyebutkan, penyerahan buku layak baca ini dilakukan serentak di beberapa wilayah di Indonesia oleh seluruh unit PLN pada peringatan Hari Kartini 21 April 2017. Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka menyebutkan, kegiatan pemberian buku layak baca ini sebagai wujud kepedulian PLN yang terinspirasi dari jiwa sosial Ibu Kartini.

“Untuk itu, mengambil momentum Hari Kartini 21 April 2017, kami adakan pemberian buku serentak oleh unit-unit PLN di berbagai lokasi sekaligus sebagai perayaan Hari Kartini. Buku-buku ini merupakan sumbangan dari pegawai PLN, serta bantuan Program PLN Peduli,” ujar Made.

Saat ini, PLN tengah bekerja cepat menyelesaikan pembangunan infrastuktur ketenagalistrikan melalui program 35.000 MW. Seluruh insan PLN berupaya agar target pencapain rasio elektrifikasi 97,2 persen dapat tercapai pada 2019. Selain itu, PLN juga senantiasa berperan aktif untuk terjun langsung dalam kegiatan sosial melalui program PLN Peduli.

Dengan mengambil tema “Kartini Inspirasi Negeri,” buku-buku yang dikumpulkan dari pegawai PLN se-Indonesia ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi anak-anak bangsa untuk terus berkarya, serta memupuk jiwa kebersamaan antar insan PLN.

Baca : PLN Siaga Songsong Pekan Suci Paskah

Di NTT, penyerahan buku dilakukan oleh Manajer Bidang Sumber Daya Manusia dan Umum (MSDMU) PT PLN (Persero) Wilayah NTT, Oldy B. Masinambow didampingi para kartini PLN Wilayah NTT kepada Pusat Pengembangan Anak (PPA) GMMI Eklesia dan diterima langsung oleh Ketua PPA Dominikus Ngain di PPA GMMI Eklesia Bolok Kupang (21/4).

“Dalam rangka memperingati Hari Kartini segenap karyawan PT PLN (Persero) Wilayah NTT ikut andil dalam pengumpulan buku bacaan yang kemudian akan disalurkan. Dan untuk kantor PLN Wilayah NTT, Kantor PLN Area Kupang dan Sektor NTT dapat mengumpulkan sebanyak 116 Buku. Selain itu, melalui program PLN Peduli PT PLN Wilayah NTT juga memberikan dana pendidikan sebesar Rp 10 juta ke Dusun Tuadale untuk membangun perpustakaan yang baru,” ungkap Oldy.

Oldy menambahkan, bahwa melalui bantuan ini membuktikan PLN tidak hanya konsen terhadap bidang kelistrikan tetapi juga peduli terhadap dunia pendidikan.

“Dengan mendukung anak-anak agar suka untuk membaca, diharapkan mampu membuka wawasan mereka dan dapat mengimplementasikan semboyan dan semangat dari RA Kartini yaitu Habis Gelap Terbitlah Terang.” tutup Oldy.

Ketua PPA, Dominikus Ngain pada kesempatan itu mengungkapkan rasa terima kasih kepada PLN atas sumbangan yang diterima. “Kami sangat senang dan terbantu atas apa yang diberikan PLN Wilayah NTT ini, melalui bantuan buku bacaan ini untuk menambah koleksi buku di perpustakaan kami dan ini sangat bermanfaat bagi kami dalam mengembangkan wawasan anak-anak dari PPA kami,” ujarnya.