Jemaat Ebenhaezar dan Maranatha Pawai Obor Kemenangan

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Perayaan hari Paskah kenaikan Yesus Kristus dimaknai ratusan jemaat Ebenhaezar Lakafehan, Desa Dualaus dan jemaat Maranatha Klitin, Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu perbatasan RI-Timor Leste melaksanakan pawai obor kemenangan, Minggu subuh (16/4/2017) pukul 03.00 Wita.

Pawai obor kemenangan memperingati kebangkitan Yesus Keristus dengan menempuh jarak lima kilo meter dimulai dari Gereja Maranatha Klitin Desa Fatuketi menuju Gereja Masehi Injili di Timor Ebenhaezar Lakafehan. Prosesi pawai obor kemenangan dengan berjalan kaki dikawal ketat aparat Polsek Kakuluk Mesak dan Koramil 02 Atapupu.

Ketua Panitia Paskah, Nehemia Selan mengatakan, pawai obor kemenangan dengan berjalan kaki dari Gereja Maranatha Klitin Desa Fatuketi menuju ke Gereja Ebenhaezar Lakafehan dibagi dalam empat etape. Dimana pada setiap titik etape jemaat berhenti membacakan puisi oleh masing-masing perwakilan kaum anak, remaja, pemuda dan orang tua.

Baca : Kenang Wafat Yesus, Umat Katolik Jalan Salib Hidup di Gua Toro

“Finish pawai obor kemenangan di Gereja Ebenhaezar. Dilanjutkan dengan pembakaran api unggun, setelah itu melakukan ibadah kebaktian minggu Paskah,” ujar dia.

Ketua Majelis Jemaat Gereja Ebenhaezar Lakafehan, Pendeta Deby Yulita Lobo Banik menuturkan, tema Paskah tahun ini kebangkitan kristus membebaskan kita dari kuasa kematian. Maksud dari dilaksanakan pawai obor hari ini guna memaknai dan memperingati kebangkita Yesus Kristus. Dimana tertulis dalam Alkitab bahwa Yesus Kristus bangkit pada hari ini.

Dikatakan, kegiatan pawai obor kemenangan hari ini diikuti juga jemaat Gereja Maranatha Klitin. Dimana Gereja Maranatha Klitin juga masih dalam satu pimpinan wilayah dengan Gereja Ebenhaezar Lakafehan dan khusus pagi hari ini semua satu dalam kebersamaan satu dalam kemenangan.

Adapun rencana untuk perayaan Paskah tahun depan seperti giat pawai obor kemanangan pihak gereja Ebenhaezar akan membahas dengan pimpinan Gereja Katolik St. Dominikus Lakafehan paroki Atapupu. Sehingga bisa menggabungkan kegiatan perayaan paskah berupa perarakan jalan salib.