PLN Siaga Songsong Pekan Suci Paskah

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – PLN Area Kupang siap menghadapi perayaan Jumat Agung dan Paskah 2017, di seluruh daratan Timor, Alor, Rote dan Sabu Raijua.

Siaran Pers PLN Wilayah NTT, Manajer PLN Area Kupang, Elpis Sinambela, menjelaskan secara umum dari sisi ketersediaan daya sudah sangat aman menjelang perayaan Jumat Agung, dan Paskah 2017.

Sinambela yang ditemui di Kupang, kemarin mengatakan untuk Sistem Kupang yang sudah interkoneksi dari Kota Kupang sampai dengan Kefamenanu (Kabupaten Timor Tengah Utara), Daya Mampu mencapai 94,57 MW sedangkan Beban Puncak sebesar 70,8 MW sehingga saat ini terdapat Cadangan Daya sebesar 23,57 MW.

Sistem lainnya, seperti Atambua (Belu), Betun (Malaka), Kalabahi (Alor) dan Sabu Raijua, seluruhnya dalam kondisi aman, atau cadangan dayanya cukup.

“Saat ini hanya Sistem Rote yang masih ada defisit sebesar 150 kW (kilowatt) akibat adanya salah satu mesin mengalami gangguan, namun saat ini dalam perbaikan sehingga pada hari Jumat (14/4) nanti diharapkan sudah pulih kembali,” tambah Sinambela.

Baca : PLN Atambua Jamin Pasokan Listrik Selama Paskah di Belu dan Malaka

Mengenai kesiapan Jaringan Distribusi, Sinambela yang menggantikan Maria Gunawan, mengatakan pihaknya terus berusaha meningkatkan kehandalan jaringan, dengan melakukan inspeksi rutin dan melakukan pemeliharaan jaringan untuk mencegah terjadinya gangguan di jaringan yang dapat menyebabkan terjadinya pemadaman.

Ditambahkan, khusus persiapan menjelang berlangsungnya ibadah Jumat Agung dan Paskah, PLN menyiapkan Piket siaga dan melakukan koordinasi dengan beberapa gereja untuk memastikan perayaan berjalan dengan baik, antara lain melakukan inspeksi kesiapan Genset milik gereja untuk mem-backup pelaksanaan ibadah di Gereja.

“Khusus di Gereja Kathedral (belum memiliki genset sendiri) kami menyiapkan siaga Genset pada saat pelaksanaan Misa,” tambah Sinambela.

Disamping itu, lanjut Sinambela, “Pelayanan Teknik” untuk mengatasi gangguan atau pengaduan pelanggan tetap buka setiap harinya seperti biasa selama 24 jam.

“Kami mengimbau agar seluruh masyarakat juga turut serta menjaga jaringan PLN untuk terhindar dari gangguan eksternal seperti gangguan akibat pelemparan jaringan, gangguan akibat layangan yang tersangkut di jaringan atau gangguan akibat penebangan pohon oleh masyarakat tanpa pemberitahuan kepada pihak PLN.

“Kami dari Manajemen PLN Mengucapkan Selamat Melaksanakan Ibadah Jumat Agung dan Selamat Merayakan Hari Raya Paskah 2017,” kata Sinambela mengakhiri penjelasannya.