Walikota: Layanan Kesehatan Berbasis KTP Siap Diluncurkan

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Walikota Kupang Jonas Salean mengaku, pemerintah Kota Kupang sudah siap meluncurkan program kesehatan gratis berbasis Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), dan sesuai rencana program itu akan diluncurkan bertepatan dengan HUT Kota Kupang ke-20 pada 24 April mendatang.

“Tadi kami sudah melakukan rapat bersama antara dinas kesehatan dan RSUD S.K.Lerik, dan mereka mengaku sudah siap untuk menjalankan program tersebut,” Kata Jonas Salean usai melakukan rapat bersama dengan Dinkes dan Pihak RSUD, SK.Lerik, di ruang Garuda Balai Kota Kupang, Selasa (04/04/17).

Jonas mengaku, untuk Program kesehatan gratis berbasis KTP, pemerintah Kota Kupang telah menyediakan anggaran sebesar Rp.20 miliar.

Baca : Dua SMP Bakal Jalani UNBK

“Awalnya anggaran yang disediakan sebesar Rp.13 Miliar, namun karena berbagai pertimbangan anggaran dinaikan menjadi Rp.20 miliar,” Kata Salean.

Dikatakan, bagi masyarakat yang ingin berobat dengan menggunakan KTP, akan mendapat layanan untuk kelas III, namun layanan tidak berbatas waktu dan akan terus dilakukan sampai pasien sembuh. Selain itu, pelayanan juga berlaku sampai tahap operasi dan tindakan-tindakan medis lainnya.

“Meskipun hanya layanan kelas III, tapi pasien juga akan diberikan obat gratis dan operasi pun dilakukan secara gratis. Tujuan dari program ini untuk memberikan layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat Kota Kupang. Layanan ini berlaku untuk semua masyarakat tanpa membedakan miskin atau kaya, asalkan ada KTP Kota Kupang,” Kata Jonas.