Raih Penghargaan Pengelolaan DID, Pemkot Kupang Dapat Bonus 42 Miliar

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait pemanfaatan Dana Insentif Daerah (DID). Anugerah Dana Rakca tahun 2016 diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota yang berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan. Dengan peenghargaan itu pula, pemerintah Kota Kupang mendapat dana insentif dari Kementerian Keuangan sebesar Rp.42 Miliar.

Hal ini dikatakan Walikota Kupang, Jonas Salean kepada wartawan di Balai Kota Kupang, Selasa (21/3/2017).

Jonas mengungkapkan, anugerah ini diterima pemerintah Kota Kupang bersama provinsi dan empat kabupaten lainnya di NTT. Kota Kupang menerima Anugerah Dana Rakca karena menurut Kemenkeu memenuhi beberapa indikator, Diantaranya pertumbuhan ekonomi, pelayanan publik yang baik, pernilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan, pemanfaatan APBD secara optimal dan ketepatan waktu penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemerintah Kota Kupang. Sebagai walikota Yang memimpin daerah ini, saya juga bangga atas penghargaan ini, dan tidak semua daerah bisa mendapatkannnya tanpa melalui pengelolaan pemerintahan yang baik,” Kata Jonas.

Baca : Berbagai Penghargaan Diterima Jonas Salean

Berkaitan anugerah tersebut anggota DPRD Kota Kupang asal partai Golkar, Viktor Haning yang dimintai tanggapan mengatakan anugerah yang diraih oleh Walikota Kupang sangatlah luar biasa. Karena dengan sisa masa waktu jabatanya, namun Walikota Kupang, Jonas Salean mampu berbuat yang terbaik khusus dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Bagi saya merasa bangga dengan insentif yang diraih pemerintah kota sebesar Rp.42 milliar, namun baru dicairkan Rp.21 milliar. Untuk itu, dengan diraihnya Anugerah Dana Rakca dari Kemenkeu, ke depan, kemampuan fiskal harus semakin ditingkatkan lagi bagi pemimpin yang baru yakni dari posisi penyusunan anggaran harus semakin tepat waktu, penanganan kemiskinan dan lainya, sehingga anugerah ini masih bisa diraih lagi,” harapnya.

Menurutnya, Anugerah yang diraih ini, merupakan suatu semangat bagi pemerintah terutama bagi SKPD yang ada untuk berbuat lebih baik lagi, karena masih ada sektor pelayanan publik yang masih harus ditingkatkan demi kemajuan masyarakat Kota Kupang” ujar dia.