KPU Kota Kupang Serahkan Hasil Pleno Pilwalkot ke DPRD

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang menyerahkan hasil pleno penetapan calon Wali kota dan Wakil Walikota terpilih Jefry Riwu Kore dan Hermanus Man ke DPRD Kota Kupang, maksud dari penyerahan hasil Pleno penetapan pasangan calon pemenang pemilihan umum wali kota Kupang, untuk selanjutnya diparipurnakan hasil penetapan tersebut.

Penyerahan hasil Pleno itu dipimpin langsung ketua KPU, Marianus Minggo bersama sekretaris KPU Kota Kupang, Johan A.Messakh dan ditambah dua anggota komisioner lainnya, dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Yeskiel Loudoe dangan didampingi Sekwan Adrianus Lusi dan Kabag Risala Yoseph Doa diruangan Ketua DPRD, Jumat (17/3/2017).

Komisioner KPU Lodowyk Fredrik mengatakan, penyerahan hasil perolehan suara, berita acara dan surat keputusan penetapan calon terpilih serta surat MK yang menyatakan Pilkada Kota Kupang tidak ada masalah. Selain itu berdasarkan aturan pihak KPU harus menyerahkan hasil penetapan pemenang pasangan calon kepada DPRD Kota Kupang, maksimal dua hari setelah penetapan dilakukan.

Baca : Ketua Komisi I Siap Dukung Pemerintah Kota Kupang Untuk Pembenahan DPT

“Hasil pleno yang diserahkan, wajib diparipurnakan oleh DPRD Kota Kupang yang agendanya mengumumkan hasil pemilihan wali kota. Kemudian dari risalah paripurna jadi salah satu bukti dan menjadi syarat untuk dilampirkan dengan dokumen kami untuk diserahkan ke gubernur untuk diteruskan ke Mendagri guna ditetapkan jadwal pelantikanya,” kata Lodowyk.

Menerima hasil pleno penetapan KPU Kota Kupang, Ketua DPR Yeskiel Loudoe menyampaikan terima kasih kepada KPU yang telah sukses menjadi penyelanggaran pemilihan umum walikota dengan baik.

“Meskipun ada riak-riak kecil, namun itu merupakan dinamika dalam setiap moment pesta politik. Tetapi secara keseluruhan, penyelenggaran pemilihan umum walikota kota Kupang berjalan dengan baik,” Ujarnya.

Oleh karena itu, kata Lodoe dengan penyerahan hasil pleno yang sudah diterimya, pihak DPRD Kota Kupang, segera menyikapinya dengan menyelanggarakan rapat paripurna hasil pemilihan walikota kupang,” kata Loudoe.