Pemkab Manggarai Beri Pelatihan 280 Pencari Kerja

Bagikan Artikel ini

Laporan Marten Don
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Dalam rangka mengurangi angka pengangguran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai melalui Dinas Penanaman Modal, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Tenaga Kerja mengadakan kegiatan pelatihan yang bertemakan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Bagi Pencari Kerja Program Peningkatan Kualitas dan Produktifitas Tenaga Kerja Tahun Anggaran 2017 di Balai Latihan Kerja (BLK) Dalo, Desa Compang Dalo Kecamatan Ruteng.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus,SH,MH. Dalam sambutannya mengatakan, didalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Manggarai periode 2016-2021, salah satu program prioritasnya adalah program menciptakan lapangan kerja.

Oleh karenanya kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dari program tersebut, katanya.

“Tahun ini kita sudah anggarkan di APBD kurang lebih Rp.4 miliar sampai Rp.5 miliar khusus untuk pelatihan-pelatihan seperti ini. Dan tahun depan anggaran itu akan dinaikan lagi,” lanjutnya.

Bupati Deno berharap agar pelatihan itu harus berkelanjutan.

“Maksud saya bahwa tingkatan-tingkatan pelatihan ini harus berkelanjutan. Saya ingin suatu ketika kamu bisa menjadi pengusaha besar di daerah ini,” ujarnya.

Kepada dinas terkait, Ia memerintahkan agar seluruh peserta pelatihan didata, dikasih sertifikat, perijinan dipermudah, seperti SIUP, SITU-nya sebab itu menjadi dasar nantinya jika berurusan dana dengan pihak perbankkan.

Terkait modal usaha, pemerintah berjanji akan siap mengkomunikasikannya dengan pihak perbankkan. “Kita akan komunikasikan itu dengan pihak bank,” kata Bupati Deno

Menurutnya, kedepannya, usaha perbengkelan itu salah satu bidang usaha yang terbilang menjanjikan.

Dirinya bercita-cita agar suatu ketika peserta pelatihan itu bisa bertumbuh dan menjadi besar. Karena itu, Ia menegaskan agar pelatihan itu tidak sekedar dibuat tetapi harus bisa menghasilkan output yang besar.

Baca : Diduga Selewengkan Raskin, Kades Waling Dilaporkan Ke Polisi

Seluruh peserta pelatihan, rencananya akan diberikan fasilitas, seperti mesin kompresor dan peralatan kerja lainnya.

Namun menegaskan agar fasilitas yang akan diberikan nanti dipakai sesuai peruntukannya, bukan untuk diperjualbelikan atau diperdangangkan kembali.

“Suatu waktu saat Bupati berkantor di desa kami akan cek lagi. Apakah benar dipakai sesuai peruntukannya atau tidak dan sejauhmana perkembangan usahanya,” tandasnya.

Agar lebih kuat, kedepannya alumni BLK Dalo ini harus memiliki ikatan alumni tersendiri. “Harus memiliki ikatan dan mempuyai logo khusus biar mudah diketahui publik bahwa mereka ini alumni BLK Dalo,” tandasnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja, Isfridus Buntanus melaporkan bahwa Sumber Daya Manusia yang berdaya saing dan terampil adalah hal yang mutlak diperlukan oleh setiap orang di era globalisasi seperti sekarang ini.

Senada dengan Bupati Deno, ia mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan RPJMD 2016-2021 yang menargetkan 2000 tenaga kerja terlatih dalam periode RPJMD tersebut.

Selain itu, menurutnya, pelatihan pencari kerja menjadi penting dan strategis di kabupaten Manggarai.

Total peserta pelatihan tahun ini sebanyak 280 orang. Untuk 3 bidang pelatihan, yaitu Otomotif, Bengkel Kayu dan Baja Ringan.

Rencananya dibagi dalam 7 tahapan pelatihan. Tahapan pertama kali ini dibidang otomotif, diikuti oleh 40 orang peserta.