KPU Tetapkan FirmanMu Sebagai Pemenang Pilwakot Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, secara resmi menetapkan Pasangan Jefritson Riwu Kore- Hermanus (FirmanMu) sebagai pemenang dalam pemilihan umum Walikota Kupang tahun 2017. Penetapan Jefritson Riwu Kore-Hermanus Man sebagai pemenang pemilihan umum walikota Kupang berdasarkan rapat pleno penetapan pasangan calon pemenang Pilwalkot Kota Kupang yang berlangsung di Restoran Grand Mutiara, Kamis (16/3/2017).

Jefri-Herman ditetapkan setelah menang pada pemilu kepala daerah (Pilkada) yang digelar serentak pada 15 Februari 2017 lalu. Pasangan tersebut meraih suara sebanyak 87.160, dan mengalahkan calon petahana Jonas Salean- Nikolaus Fransiskus yang hanya meraih 77.745 suara dengan total suara sah 164.905.

Baca : Pelantikan Kepala Daerah Hasil Pilkada Februari Dijadwalkan 17 Desember

Rapat pleno penetapan pasangan calon pemenang Pilwalkot dihadiri oleh Lima Komisioner KPU Kota Kupang, yang dipimpin Langsung oleh Ketua KPU, Marianus Minggo. Turut Hadir dalam Rapat Pleno, sejumlah petinggi partai pendukung Paket FirmanMu, seperti, Ketua DPC Demokrat Kota Kupang, Herry Dahi Kadja, Ketua DPC Gerindra Kota Kupang, Kristian Foenay, Ketua DPC PAN Kota Kupang, Felix Dando, nampak hadir pula Wakil Ketua DPRD Kota Kupang, Kristian Baitanu.

Peleno penetapan Paket FirmanMu ditandai dengan pembacaan surat Keputusan KPU Nomor 60 tahun 2017, tentang Keputusan KPU dalam Pemilihan Walikota Kupang tahun 2017 oleh Anggota KPU, Maria Seto Sare. Usai pembacaan hasil keputusan KPU, Ribuan pendukung FirmanMu yang memadati restoran Grand Mutiara.

Ketua KPU Kota Kupang, Marianus Minggo mengakui penetapan calon terpilih sempat mengalami dimundurkan dari jadwal yang ditetapkan yakni pada 9 Maret 2017, karena masih menunggu surat keterangan dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menerangkan ada atau tidak perkara perselisihan hasil pemilihan kepala daerah.

“Dengan adanya SK dari MK, maka hari ini kami telah menetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih,” tegasnya.