Ribuan Pendukung Hadiri Kampanye Calon Presiden RDTL Lu-Olo

Oecusse, NTTOnlinenow.com – Ribuan pendukung Calon Presiden Republik Democratic Timor Leste Francisco Guterres Lu-Olo dari koalisi lima partai hadiri kampanye di Lapangan Oebau, Pantai Makassar, Oecusse, Timor Leste, Rabu (15/3/2017)

Dalam orasi calon Presiden Republik Democratic Timor Leste Francisco Guterres Lu-Olo berjanji bila terpilih sebagai presiden RDTL akan segera memperbaiki kondisi kesehatan, pendidikan, pertanian dan infrastruktur di Oecusse, wilayah kantung Enclave untuk memperkuat mutu hidup warga yang berada diantara Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dan Kabupaten Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Indonesia.

“Di Oecusse dalam sehari terjadi lima hingga 10 orang kematian balita. Hal ini harus kita perbaiki segera,” kata Lu-Olo di hadapan ribuan warga pendukung.

Dia mengatakan kondisi yang terjadi terhadap anak-anak di Oecusse itu karena belum maksimal perhatian pemerintah saat ini terhadap layanan kesehatan masyarakat. Selain itu masih minimnya sarana dan prasaran kesehatan menjadi pemicu tingginya kematian balita.

Selain kesehatan, Presidente Partai Fretelin itu juga berjanji akan meningkatkan kualitas pendidikan dengan membangun sarana dan prasarana pendidikan sebagai wujud komitmen pemerintah menyediakan sumber daya manusia Timor Leste yang memilki kompetensi bagi kepentingan pembangunan negara ini.

Sarana sekolah, prasarana kursi dan meja siswa dan guru serta prasarana lainnya akan menjadi prioritas dalam pemerintahan di lima tahun mendatang.

Di bidang pertania, lanjut Lu-Olo, segera dibangun irigasi yang langsung terintegrasi dengan Bendungan Tono yang sudah rampung dibangun dan sudah siap dimanfaatkan.

Dengan fasilitas irigasi yang akan dibangun itu nantinya bisa memberikan semangat bagi kesempatan warga petani Oecusse meningkatkan produktivitas pertaniannya.

Jika selama ini hanya sekali tanam dan panen karena masih bergantung dengan hujan, maka dengan pemanfaatan irigasi yang bersumber dari Bendungan Tono akan sanggup memberikan kesempatan petani bisa terus memanfaatkan lahan pertaniannya untuk peningkatan produktivitas hasilnya. “Dengan demikian maka tentu akan menjaga ketahanan pangan masyarakat menuju sejahtera,” kata dia.

Di bidang infrastruktur, sebut dia yang sudah ada akan terus dikembangkan untuk kepentingan prmanfaatan semua warga. “Jalan dan seluruh infrastruktur yang sekrang sedang dibangun akan kita lanjutkan untuk pemanfaatan fungsi mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat di Oecusse ini,” kata Lu-Olo.

Sekretaris Jenderal Partai Fretelin Mari Alkatiri pada kesempatan itu mengatakan yang sudah dilakukannya di Oecusse sebagai zona khusus pengembangan sosial ekonomi sudah menjadi komitmen pemerintah sebagai bagian dari program Partai Fretelin. Untuk itu penting terus dijaga dan salah satu jalannya memenangkan pertarungan di pemilu presiden ini.

“Pak Lu-Olo adalah orang tepat untuk melanjutkan semua komitmen pembangunan ini,” kata Presiden Zona Khusus Sosial Ekonomi Oecusse itu.

Mantan Perdana Menteri Timor Leste itu menyampaikan kemampuan Lu-Olo yang sanggup menjalin hubungan kerja sama antarlembaga untuk kepentingan stabilitas politik dalam negeri yang tentunya akan berimbas kepada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di negara yang berpisah dengan NKRI melalui jajak pendapat pada 1999 atau 18 tahun lalu itu.

Pemilu Presiden Timor Leste 20 Maret 2017 diikuti delapan kandidat dengan pemilih yang terdata sebanyak 731 ribu pemilih yang menyebar di 944 tempat pemungutan suara di 13 distric.

Francisco Guterres Lu-Olo lahir di Ossu, Distrik Viqueque, Timor Portugis, 7 September 1954, putra dari Felix Guterres dan Elda da Costa Guterres, anak keenam dari delapan bersaudara. Lu-Olo pernah menjabat Presiden Parlamento Nacional Timor Leste (2002 – 2007). Menjabat Presiden Partai FRETILIN dan mantan gerilyawan pada 21 Desember 2006 hingga sekarang, Lu-Olo pernah maju dalam pemilu presiden Timor Leste 2007 sebagai kandidat dari partai berkuasa FRETILIN.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*