Dewan Setujui Ranperda Pembentukan Dana Cadangan Pilgub NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Provinsi NTT tentang Pembentukan Dana Cadangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2018.

“Ranperda yang diajukan oleh Pemerintah Provinsi NTT disetujui karena telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang- undangan yang berlaku,” kata Sekretaris Komisi I DPRD NTT, Eman Kolfidus kepada wartawan di Kupang, Senin (12/3/2017)

Menurut Eman, persetujuan DPRD tersebut dihasilkan setelah dilakukan pembahasan bersama dengan Komisi I dan III DPRD NTT bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, KPU NTT, Bawaslu NTT, Polda NTT dan Korem 161 Wirasakti Kupang.

Baca : Mentan Dijadwalkan Panen Jagung di Perbatasan RI-Timor Leste

“Dewan menyetujui alokasi anggaran Rp200 miliar sebagai dana cadangan untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT tahun 2018 mendatang,” ujarnya.

Politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, pengalokasian dana cadangan pilgub tahun 2018 dalam tahun anggaran 2017 yakni, Rp100 miliar pada APBD murni Provinsi NTT tahun anggaran 2017 dan Rp100 miliar pada APBD perubahan Pemerintah Provinsi NTT.

Terkait sumber dana cadangan, Eman menyebutkan, berasal dari penyisihan atas penerimaan daerah, kecuali dari dana alokasi khusus (DAK), pinjaman daerah dan penerimaan lain yang penggunaannya dibatasi untuk pengeluaran tertentu berdasarkan peraturan perundang- undangan.

“Selain itu juga menyetujui tahun anggaran pelaksanaan dana cadangan adalah tahun anggaran 2018 untuk membiayai pemilihan gubernur tahun 2018 yang dialokasikan pada belanja tidak langsung dan belanja langsung,” tandasnya.