Pembangunan Jembatan Petuk Kolhua Rampung Agustus 2017

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pembangunan Jembatan Petuk I, yang terletak di Kelurahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, dengan Panjang 320 meter dipastikan rampung pada 31 Agustus 2017. Pasalnya pembangunan jembatan Petuk I, sudah mencapai 72 persen.

Demikian dikatakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Jembatan di Provinsi NTT, Fachrudin St. Kepada wartawan di Lokasi pembangunan Jembatan Petuk, Senin (6/3/2017).

Menurutnya, pembangunan jembatan Petuk dibangun dalam dua tahapan sejak tahun 2015. Pembangunan tahap pertama untuk konstruksi dasar (tiang pancang). Kemudian pembangunan tahap II untuk menyelesaikan pekerjaan secara total.

Dikatakan, untuk pembangunan jembatan petuk Tahap II dilakukan dengan hari kalender selama 500 hari, namun karena ada sedikit perubahan pada konstruksi bangunan, pihaknya kemudian mengajukan penambahan waktu kerja selama 205 hari, sehingga total waktu pekerjaan jembatan tahap II selama 705 hari.

Baca : Aparatur Pemerintah Mitra LSM Tak Perlu Diberi Insentif

“Memang ada sedikit perubahan pada konstruksi Jembatan. Belajar dari robohnya jembatan di Samarinda, kami membuat perubahan konstruksi, dan konsukwensinya ada penambahan hari kalender kerja,” Katanya.

Menyangkut jumlah pagu anggaran pembangunan jembatan Petuk I, Fachrudin mengaku, untuk pembangunan jembatan Petuk Tahap I, anggarannya sebesar Rp.90 miliar. Sementara untuk pembangunan tahap kedua, pagu anggarannya sebesar Rp.235,5 miliar, sehingga total anggaran secara keseluruhan sebesar Rp.325,5 miliar. Dana pembangunan jembatan petuk I, murni dari dana APBN.

Ketika disinggung soal lebar jembatan, ia mengaku, lebar jembatan secara keseluruhan seluas 17 meter. Dengan luas sebesar itu, akan dibuat dua jalur dan empat lajur.