Posyandu Lansia Gereja Imanuel Kefamenanu, Menyemangati Kaum Lansia

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Lebih baik mencegah suatu penyakit daripada mengobatinya, apalagi bagi para lanjut usia (lansia) yang biasanya sudah mulai rentan terjangkit berbagai penyakit.

Menyikapi hal ini Badan Pengurus (BP) Gereja Imanuel Kefamenanu kabupaten Timor tengah Utara membentuk pos pelayanan terpadu (Posyandu) Lansia pada tahun 2016 lalu.

Posyandu lansia di Kefamenanu kabupaten Timor Tengah Utara sebanyak 40 orang lebih, mulai rutin mengikuti berbagai bentuk pelayanan untuk tetap menjaga kondisi kesehatan.

Ketua UPP Lansia dan pengembangan kesehatan di gereje Imanuel Kefamenanu, Simon Taek mengaku kegiatan posyandu lansia sudah terprogram dan sudah untuk yang kedua kalinya dilaksanakan.

“Kegiatan ini sudah untuk yang kedua kali dilaksanakan, dalam rangka menjaga kondisi dan meningkatkan derajat kesehatan dari seluruh jemaat gereja Imanuel dan masyarakat sekitar”, ungkap Taek.

Baca : Peringati Ultah Korem 161 Kodim 1618 TTU Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Ia juga menambahkan program yang dilaksanakan juga terbuka untuk umum. “Programnya memang dibentuk dan direncanakan oleh Gereja Imanuel tapi di dalam pelayanannya melibatkan seluruh masyarakat umum,” tambah Taek.

Ketua BP Lansia dan pengembangan kesehatan, Dewi Karimun Sumandak juga mengakui, Posyandu Lansia sudah terbentuk di BP Imanuel sejak tahun 2016 dan bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi para lansia.

“Posyandu Lansia ini memang terbentuk tahun 2016 di BP Imanuel dan tujuan kami dari gereja adalah agar para jemaat lansia boleh mendapat layanan kesehatan lantaran mereka juga berhak mendapat hidup yang sehat”, kata Dewi Karimun.

Lanjutnya, Kami dari gereja Imanuel sangat bersukacita atas kerjasama dengan tenaga medis dari Puskesmas Kota sehingga kegiatan posyandu lansia dapat berjalan baik.

Adapun bentuk pelayanan posyandu lansia yang berlangsung di aula gereja Imanuel Kefamenanu Kamis sore (23/02/2017) antara lain, meliputi pemeriksaan Kesehatan fisik dan mental emosional yang dicatat untuk lebih mudah dilakukan pemantauan juga untuk mengetahui lebih awal jenis penyakit yang diderita (deteksi dini) atau ancaman masalah kesehatan yang dihadapi.

Sedangkan jenis Pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada usia lanjut di posyandu lansia seperti pemeriksaan aktivitas kegiatan sehari-hari meliputi kegiatan dasar dalam kehidupan, seperti pola makan dan minum yang teratur, dan sebagainya untuk ditindaklanjuti tim medis. Untuk pembagian makanan tambahan para lansia juga sudah terkonsep. Usai mengikuti pemeriksaan kesehatan, para lansia wajib mengikuti senam lansia untuk kebugaran tubuh.