Mendagri Dijadwalkan Pimpin Apel HUT Satpol PP ke-67 di NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Nusa Tenggara Timur (NTT) didaulat untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Apel Besar Nasional SatPol PP dalam rangka perayaan HUT Polisi Pamong Praja ke-67 dan SatLinmas ke-55 yang dilaksanakan Jumat (3/3/2017).

Acara yang akan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ini bakal dihadiri 850 orang perwakilan SatPol PP se Indonesia, dengan rincian 25 orang dari masing-masing provinsi.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Satuan (Kasat) Polisi Pamong Praja Provinsi Nusa Tenggara Timur, John Hawula kepada wartawan di Kupang, Jumat (24/2/2017).

“Berdasarkan informasi terakhir kami dengan pihak kementerian, yang menjadi inspektur upacara pada Apel Besar Nasional Pol PP yaitu Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Beliau hadir dengan rombongan dari Kementerian Dalam Negeri,” katanya.

John menyampaikan, jumlah peserta yang akan menghadiri puncak pelaksanaan HUT SatPol PP pada 3 Maret 2017 mendatang diperkirakan mendekati tiga ribu orang termasuk perwakilan dari kabupaten/kota se-NTT.

“Berbagai persiapan sudah kami lakukan dari jauh hari sebelumnya, karena penetapan ini sudah dilakukan pada tahun 2016 lalu,” ujarnya.

Baca : OJK Diminta Dorong Perbankan dan Jasa Keuangan Beri Perhatian Pada UMKM

Dia mengungkapkan, ada sejumlah agenda kegiatan menjelang perayaan HUT SatPol PP tersebut yakni Penghijauan, Olah raga bersama, Bakti sosial, Pawai, Pameran, Donor darah, Welcome dinner, Dialog TVRI, Rakornas dan Gebyar SatPol PP.

“Kegiatan penghijauan dilakukan dengan menanam anakan mahoni dan sepe bersama masyarakat di tiga lokasi yaitu di Jalur 40 dan Baumata. Sementara di Taman Nostalgia kita siapkan untuk Pak Mendagri bersama rombongan dan peserta se-Indonensia nanti pada hari puncak peringatan tanggal 3 Maret,” ungkapnya.

“Kemudian persiapan lainnya adalah olahraga bersama yang dilibatkan semua komponen yaitu TNI, Polri, Korpri, pemuda dan pejar. Selain itu, juga akan dilakukan bakti sosial dengan pembersihan Pantai Lasiana, Oesapa serta beberapa pasar tradisional di Kota Kupang,” tandasnya.

John menambahkan, untuk kegiatan Apel Besar Nasional hari puncak peringatan HUT Satpol PP tahun 2017 akan dilaksanakan di Alun-Alun Rumah Jabatan Gubernur NTT di Jalan El Tari, Kota Kupang.

Peringatan HUT Satpol PP dan Satlintas tahun 2017 mengambil tema “Peningkatan Peran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Menjaga Kemajemukan Masyarakat di Daerah”.