Pangdam IX Udayana Tinjau Pos Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX Udayana Mayjen TNI Kustanto Widyatmoko bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke wilayah perbatasan RI-RDTL, Rabu (22/02/2017).

Kunjungan kerja di wilayah sektor barat yang berbatasan langsung dengan Distric Oeccusse (RDTL) di Desa Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, dengan menekankan pada tugas dan wewenang masing – masing instansi yang harus dijalankan dengan sebaik mungkin agar situasi yang kondusif tetap terjaga. Sejumlah pos lain yang berada di wilayah perbatasan RI – RDTL juga didatangi Pangdam untuk memantau langsung kondisi prajurit di wilayah perbatasan selama menjalankan tugas menjaga kedaulatan NKRI.

Kedatangan Pangdam IX/Udayana dan rombongan di Pos PLNB Wini, yang merupakan wilayah Kodim 1618/TTU dan Satgas Yonif Raider 322/GT dengan menggunakan Helly Bell milik TNI AD No HA 5163, disambut Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Budi Wahyono, Dansatgas Pamtas RI – RDTL Yonif Raider 321/GT Kostrad Sektor Barat Letkol Inf M. Ghoffar Ngismangil, Wakil Bupati TTU Aloysius Kobes S.Sos, Wakapolres TTU Kompol Yoseph Tilis, Camat Insana Utara Dominikus Sio dan para Danramil, Pasi Dim 1618/TTU.

Usai acara penyambutan dilanjutkan dengan pengarahan oleh Pangdam Kustanto dalam aula PLBN Wini kepada anggota Kodim 1618/TTU dan anggota Satgas Pos Wini Yonif Raider 322/GT seputar tugas dan tanggung jawab aparat TNI menjaga keamanan di perbatasan.

Baca : Peringati Ultah Korem 161 Kodim 1618 TTU Gelar Bakti Sosial Donor Darah

Pada intinya, Pangdam Kustanto memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh prajurit perbatasan yang dinilai cukup berprestasi dalam pelaksanaan tugas.
“Terimakasih kepada seluruh prajurit TNI yang telah menjalankan tugas tanpa ada pelanggaran. Termasuk Prestasi berupa keberhasilan meminimalisir kasus penyelundupan di perbatasan”, ungkap Pangdam Kustanto.

Dengan kehadiran PLBN yang baru, Ia juga mengharapkan agar dalam pelaksanaan tugas, setiap instansi wajib meningkatkan komunikasi dan berkoordinasi dengan baik antara semua pihak.

“Bahwa saat ini kita sudah memiliki PLBN yang megah tentunya kita semua yang bertugas dilingkungan PLBN baik dari satgas maupun teritorial harus mengetahui aturan dan kewenangan masing masing instansi dengan meningkatkan komunikasi dan koordinasi antara instansi”, harap Kustanto dalam arahannya kepada sejumlah petugas Bea cukai, imigrasi, karantina, perwakilan dari masyarakat, perwakilan dari Pos Polisi dan Brimob, Tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Dan untuk memberikan motivasi kepada prajurit dalam melaksanakan tugas di wilayah perbatasan, Pangdam Kustanto berkesempatan membagikan bingkisan sebagai ungkapan terimakasih kepada anggotanya yang telah menjalankan tugas dengan baik dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan.

Usai melakukan peninjauan ke Pos PLNBN Wini, Pangdam Kustanto dan rombongan melanjutkan perjalanan ke pos pulau Batek menggunakan Hely Bell milik TNI AD.