Fraksi Gerindra Ingin Semua Fraksi Komitmen Soal AKD di DPRD

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Fraksi Gerindra pada DPRD Kota Kupang mengharapkan adanya rotasi pimpinan Komisi dalam pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang akan dilaksanakan pada 28 Februari 2016 mendatang.

“Sesuai tata tertip (Tatip) DPRD Kota Kupang, tiap dua setengah tahun ada rotasi pimpinan Komisi tiap dua setengah tahun masa jabatan, nah berdasarkan itu kami mau adanya rotasi dalam unsur pimpinan komisi. Apalagi sudah ada kesepakatan internal semua anggota bahwa pimpinan komisi harus melibatkan semua fraksi,” Kata Ketua Fraksi Gerindra Kota Kupang, Merry Salow kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang.

Menurut Merry, pada kesepakatan seluruh Fraksi pada pembentukan AKD untuk pimpinan komisi ditahun 2014 lalu, pimpinan komisi diserahkan kepada Fraksi Golkar, Fraksi, PDIP, Fraksi Hanura, dan Fraksi PAN, setelah itu pada pembentukan AKD baru setelah dua setengah tahun berjalan, maka pimpinan komisi akan dirotasi dan diberikan kepada empat Fraksi lainnya yaitu, Fraksi Demokrat, Nasdem, Fraksi Kebangkitan Indonesia dan Fraksi Gerindra. Berdasarkan kesepakatan itu, Fraksi Gerindra sangat mengharapkan 8 fraksi kembali menyepakati dan pimpinan Komisi di Rotasi.

Baca : Banyak Pemilih Golput, DPRD Salahkan KPU

“Kami berharap agar kesepakatan tetap berjalan, selain itu kami juga mengharapakan agar penetapan ketua Komisi harus berdasarkan musyawarah dan mufakat sama seperti kesepakatan diawal pemilihan AKD yang pertama,” Ujarnya.

Ketika disinggung soal nama anggota Fraksi yang disiapkan Gerindra, untuk pimpinan Komisi, Merry mengaku fraksi hanya menyiapkan seorang untuk menjadi pimpinan Komisi, tetapi siapa yang ditunjuk tergantung keputusan semua anggota fraksi.

“Secara pribadi saya siap, ada juga Anggota Fraksi lain seperti Moses Mandala, dan Paulus Manafe,”. Ujarnya.

Terpisah, salah satu Anggota Fraksi Gerindra, Benyamin Moses Mandala’ mengaku siap memimpin salah satu komisi jika diutus Fraksi, dirinya juga berharap agar semua Fraksi Di DPRD Kota Kupang sepakat agar pemilihan Ketua Komsi berdasarkan musyawarah dan mufakat yang berdasarkan pada komitmen bersama agar semua fraksi mendapat jatah yang sama pada jabatan ketua komisi.