Paket Sahabat Berjanji Atasi Masalah Kekurangan Air

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menyusul kekurangan air yang terjadi di Kota Kupang saat ini, Paket Sahabat Berkomitmen menuntaskan masalah air bersih di Kota Kupang dalam tiga tahun kedepan jika masyarakat Kota Kupang kembali mempercayakan Paket sahabat memimpin Kota Kupang selama lima tahun kedepan.

Komitmen itu disampaikan Calon walikota Kupang dari Paket Sahabat, Jonas Salean dalam kampanye yang berlangsung di Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang.

Jonas Salean mengaku, menjawab kebutuhan masyarakat akan air di Kota Kupang, butuh suatu perencanaan dan kerja keras, sebab dengan kondisi curah hujan yang sangat minim, dan keterbatasan sumber air baku yang ada, membuat pemerintah kesulitan mengatasi masalah tersebut, belum lagi ditambah keterbatasan anggaran dari pemerintah dan tertundanya pembangunan bendungan Kolhua, maka lengkaplah kesulitan pemerintah untuk mengatasi masalah kekurangan air.

Namun Kata Jonas, dengan kondisi yang ada tidak serta merta membuat pemerintah tinggal diam dan berpangku tangan. Berbagai upaya dan rencana telah disiapkan untuk mengatasi kesulitan warga Kota Kupang, langkah pertama yang dilakukan adalah membangun reservoir denga kapasitas yang besar untuk menampung air yang disuplai dari bendungan Tilong.

Menurutnya, saat ini di Bendungan Tilong ada dua mesin Pompa Air dengan masing kapasitas 75 Liter perdetik, namun kedua mesin itu tidak bisa dioperasikan secara bersama, karena kapasitas penampungan berupa reservoir yang kecil sehingga distribusi air tidak maksimal.

Oleh karena itu, pemerintah mulai berbenah, dan ditahun 2017 mendatang akan dibanguan reservoir dengan kapasitas 500 meter kubik, untuk menampung air untuk didistribusi kepada warga Kota Kupang dengan bekerjsama dengan BLUD SPAM dan Satker Pengembangan Sistim Penyediaan Air Minum (Satker-PSPAM) Provinsi NTT.