Dispendukcapil Masih Menunggu Blangko e-KTP Dari Kementerian

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) David Mangi mengatakan, atas ketiadaan blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), pihaknya masih menunggu pengadaan blangko e-KTP oleh Kementerian Dalam Negeri$

“Atas kekosongan blangko e-KTP sejak beberapa bulan lalu, kami sudah berupaya dengan bersurat ke Kemeneterian, bahkan staf dari dinas juga sudah pergi untuk pengecekan di Kementerian, tetapi jawabannya sama. Blangko e-KTP belum tersedia. Pihak kementerian hanya berjanji akan memberi kabar jika blangko e-KTP sudah siap,” Kata Kadispendukcapil kepada wartawan di Kupang, Kamis (9/2/2017).

David mengaku, meskipun blangko e-KTP belum tersedia, pihak kementerian telah mengeluarkan kebijakan dengan meminta semua dispendukcapil di seluruh Indonesia, mengeluarkan surat keterangan kependudukan pengganti e-KTP. Surat Keterangan Kependudukan masa berlakunya selama enam bulan dan fungsinya sama seperti e-KTP.

Baca : Dispendukcapil Keluarkan 10 Ribu Surat Keterangan Kependudukan Pengganti e-KTP

“Jadi surat keterangan kependudukan bukan KTP sementara. Surat keterangan kependudukan merupakan pengganti e-KTP yang masa berlakunya selama enam bulan, dan kebijakan ini dari kementerian, bukanya kebijakan dispendukcapil,” Kata Mangi.

Menurutnya, hingga awal februari 2017, Dispendukcapil Kota Kupang, telah mengeluarkan sebanyak 10 ribu surat keterangan kependudukan bagi masyarakat Kota Kupang yang telah melakukan perekaman untuk memperoleh Kartu Tanda Penduduk Elektronil (e-KTP), namun belum memperoleh e-KTP.

“Jadi warga tidak perlu khawatir. Surat keterangan kependudukan bisa digunakan untuk pilwalkot, maupun berbagai program pemerintah Kota Kupang yang memerlukan KTP sebagi bukti identitas diri dari warga Kota,” Kata Mangi.