Kekompakan Polri dan TNI Modal Bagi Bangsa Menjaga NKRI

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Timur, Brigjen Pol.Agung Sabar Santoso mengatakan, permintaan Kapolri kekompakan sinergitas Polri dan TNI sangat penting. Sebab kekompakan Polri dan TNI merupakan modal bagi bangsa kita.

Oleh karena itu, Polri dan TNI yang bertugas di wilayah perbatasan antara Negara Indonesia dan Timor Leste harus solid, sehingga tercipta selalu kenyamanan bagi masyarakat. Tapi, apabila tidak kompak dan solid maka masyarakat tidak akan nyaman.

“Kapolres harus terus bangun koordinasi dan komunikasi dengan pihak TNI sehingga hubungan baik yang ada selama ini terus ditingkatkan dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan,” Kapolda ungkap Agung saat silaturahmi ke Mako Yonif Raider Khusus 744/SYB di Tobir, Desa Manleten, Kecamatan Tasifeto Timur, Selasa (7/2/2017).

Rombongan Kapolda NTT disambut pengalungan oleh Ka Korum Yonif Raidersus 744/SYB bersama Dansatgas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 641/BRU, Kasdim 1605/Belu, Pasi Min selaku PJS Danramil 07/Wedomu, Pasi Ops Kodim 1605/Belu serta Para Danki dan Perwira Staf Yonif Raidersus 744/SYB dilanjutkan dengan tatap muka bersama.

Agung menyampaikan terimakasih atas dukungan kerjasama dari rekan-rekan TNI kepada Polri selama ini dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan di wilayah perbatasan Belu dengan negara tetangga Timor Leste yang berjalan lancar. “Dukungan kerjasama itu modal. Kemarin kita rapim TNI dan Polri itu solidaritas kedua lembaga keamanan itu modal menjaga NKRI agar tetap solid,” ujar dia.

Baca : Kapolda Agung: Babinkamtibmas di Polres Belu Maisih Terbatas

Dikatakan, meski dengan keterbatasan yang ada dalam melaksanakan tugas menjaga keamanan dan keutuhan NKRI di daerah perbatasan, kebersamaan TNI dan Polri di perbatasan ujung timur Indonesia dan Timor Leste tetap baik. Hubungan harmonis yang telah terbina selama ini tetap dipertahankan dan jauhkan konflik dengan masyarakat apalagi konflik horisontal, sehingga tidak terjadi.

“Kita semua saudara yang saling mengisi dalam menjalankan tugas dan saya harap para Pimpinan TNI dan Polri terus menjalin hubungan baik yang sudah ada ini,” pinta mantan Kapolda Sultra itu.

Jelas Agung, komunikasi antar kedua instansi keamanan menjadi modal utama dalam terciptanya kedamaian. Terus lakukan komunikasi dengan baik, dan jika ada anggota Polri yang berlaku kurang etis terhadap rekan TNI, silakan menyampaikannya ke Kapolres. Namun jika tidak ditanggapi langsung sampaikan kepada saya.

“Sebagai orang baru saya ingin dikenal, karena kalau dikenal maka disayang. Sebab itu hari ini saya silaturahmi ke Markas Yonif Raidersus 744/SYB untuk perkenalkan diri sehingga kita semakin akrab. Silaturahmi saya ini bukan yang pertama tapi kedepannya akan terus mengunjungi,” ucap dia.

Usai tatap muka, dilanjutkan dengan pemberian bantuan berupa alat-alat olahraga kepada personel TNI baik organik maupun non organik yang diserahkan langsung oleh Kapolda NTT Agung kepada Perwira Yonif Raidesus 744/SYB, Dansatgas Yonif Raider 641/SYB dan Kasdim 1605/Belu.