Cuaca Buruk, ASDP Kupang Kembali Hentikan Semua Lintas Pelayaran

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Akibat cuaca buruk yang melanda perairan di Nusa Tenggara Timur (NTT), PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Cabang Kupang, kembali menghentikan semua lintas pelayaran kapal feri sejak, Jumat (3/2/2017) karena cuaca buruk.

Tinggi gelombang mencapai 3-6 meter disertai angin kencang dengan kecepatan 15-30 knot, bisa membahayakan keselamatan kapal jika dipaksakan untuk berlayar.

Kepala PT. ASDP Feri Cabang Kupang, Arnol Yansen menyampaikan, direncanakan pelayaran kembali dibuka Sabtu 11 Februari, namun hal itu sangat tergantung pada kondisi cuaca. Jika cuaca normal maka pelayaran kapal feri dibuka kembali, sebaliknya jika cuaca masih buruk maka pelayaran tetap ditutup.

“Saat ini tinggi gelombang di perairan laut NTT mencapai 3-6 meter dan kecepatan angin 15-30 knot. Jika dipaksakan maka akan membahayakan pelayaran,” katanya di Kupang, Senin (6/2/2017).

Baca : Ketika Warga Berduka, Pemkot Beri Santunan

Kebijakan mengehentikan sementara pelayaran bertujuan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, karena saat ini perairan NTT dilanda cuaca buruk yang mengakibatkan gelombang tinggi disertai angin kencang.

Pihak ASDP menghentikan sementara seluruh rute pelayaran dan tetap melihat perkembangan dan situasi cuaca serta melakukan koordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dia mengharapkan masyarakat yang hendak berlayar harus bersabar sampai cuaca kembali normal. Pihak PT. ASDP Kupang tetap berkoordinasi dengan BMKG agar mendapat kepastian kondisi cuaca.

“Masyarakat yang hendak berlayar harus bersabar karena sampai dengan saat ini cuaca buruk. Tinggi gelombang 3-6 meter dan kecepatan angin 15-30 knot,” jelas Arnol.

Sebagian kapal feri yang belum berlayar sedang berlabuh di Dermaga Pelabuhan Bolok Kupang dan yang lainnya berlabuh di Dermaga Pelabuhan Hansisi Semau.