Pemkot Kembali Usulkan Satu Ranperda Baru Untuk Dibahas Dalam Sidang I

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menyusul ada surat terbaru dari Kemendagri tentang pembentukan kembali Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota (BPMK), Pemerintah menambah lagi usulan satu Ranperda untuk dibahas dalam sidang I DPRD Kota Kupang.

“Sebelumnya kami mengusulkan 13 Ranperda untuk dibahas dalam sidang I, tetapi kami mendapat lagi surat dari kemendagri tentang pembentukan kembali BPMK, sehingga ada 14 Ranperda yang disampaikan di badan legaslasi (Baleg),” kata Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Kota Kupang, Alan Girsang kepada wartawan di Kupang, Rabu (26/1/2017).

Baca : Pemkot Ajukan Lagi 13 Ranperda Dalam Sidang I

Menurutnya, dalam rapat antara pemerintah Kota Kupang bersama badan legislatif yang berlangsung Senin (24/1/2017) sudah disepakati, hanya ada lima ranperda yang akan dibahas dalam sidang I DPRD Kota Kupang. Namun dengan adanya surat dari Kemendagri soal pembentukan kembali BPMK, pemkot sangat mengharapkan enam ranperda yang akan dibahas, karena keberadaan BPMK memang dibutuhkan, apalagi BPMK selaku pengelola dana pemberdayaan ekonomi masyarakat (PEM) sebesar Rp.15 miliar lebih.

“Usulan dalam pembahasan sidang I hanya lima, diluar usulan inisistaif dewan, karena sesuai kesepakatan dalam Rakor Kepala Bagian Hukum se-NTT itu dalam pengajuan Ranperda hanya lima dalam satu kali pembahasan guna bisa maksimal, tapi kami berharap baleg mau menerima Ranperda baru tentang pembentukan BPMK,” kata Girsang.

Girsang menambahkan, Ranperda yang sudah siap dibahas ini sudah ada naskah akademik dan rancanganya, sehingga dalam minggu ini akan di panggil SKPD terkait untuk pementapan dan siap dikirim bahannya ke dewan. Sedangkan yang belum dibahas akan disiapkan untuk di agenda dalam sidang II dan sidang III nantinya.