Senator Andre Garu Bahas Masalah TKI Bersama 27 Negara Se Asia Pasifik

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Senator/Anggota DPD RI asal Provinsi NTT Adrianus Garu,SE,M.Si bersama lima anggota DPD RI lainnya dan enam anggota DPR RI menjadi delegasi dari Indonesia untuk menghadiri Asia Pacific Parliamentary Forum (APPF) yang digelar di InterContinental Hotel, Natadola, Malaysia sejak 15-19 Januari 2017.

“Salah satu agenda penting yang dibahas dalam pertemuan itu adalah persoalan Tenaga Kerja Indoensia dan Tenaga Kerja Wanita yang selama ini menjadi persoalan serius di NTT dan Indonesia,” ujar Andre Garu yang menghubungi wartawan dari Natadola Malaysia, Rabu (18/1/2017).

Dikatakan Andre, data yang diperolehnya dari Pemerintah Malaysia disebutkan bahwa ada sekitar 3 juta lebih tenaga kerja asing di Malaysia dan sekitar 500 ribu diantaranya adalah tenaga kerja yang tidak ada identitas atau istilah Malaysia, Pati.

Baca : Tahun Terakhir Program DeMAM, 612 Desa Tersisa Terima Rp 153 Miliar

“Ini yang saya minta untuk dilakukan kerja sama agar mereka diurus dengan baik jangan sampai jadi ladang peras oleh polisi-polisi Malaysia,” tegas Andre.

Andre menjelaskan, tujuan utama diselenggarakan APPF adalah untuk meningkatkan perdamaian dan keamanan antar negara di Asia Pasifik dalam rangka menjaga pertumbuahan ekonomi masyarakat antara bangsa. Juga untuk meningkatkan kerja sama dalam segala hal antar bangsa se Asia Pasifik.

“Khusus untuk NTT, saya bersama teman-teman delegasi dari Indonesia, meminta kerja sama dengan negara Thailand di sektor pariwisata. Tinggal pemerintah membuat ivent-ivent dan melakukan promosi agar saling mengenal potensi pariwista,” katanya.

Andre mengharapkan, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se NTT membuat iven dan mengalokasikan anggaran untuk promosi pariwisata NTT di tiap kabupaten dan kota.