Dua Tahun Tak Ditempati, Ruma Dinas Pimpinan DPRD Belu Jadi Kantor OPD Baru

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dua unit rumah Dinas Pimpinan DPRD Kabupaten Belu yang terletak di jalur Tulamalae simpang tujuh kuda putih mubasir dan tak bertuan. Pasalnya, hingga dengan saat ini rumah tersebut tidak pernah ditempati oleh Wakil Ketua I DPRD dan Wakil Ketua II pasca dilantik tahun 2014 silam.

Kini, kedua rumah Dinas pimpinan dengan nilai perolehan masing-masing Rp 800 juta itu telah ada keputusan yakni akan dialih fungsikan menjadi Kantor Dinas atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru dilingkup Pemerintah Kabupaten Belu.

Hal tersebut dibenarkan Sekretaris DPRD Belu, Tisera Antonius yang dikonfirmasi media di gedung DPRD Belu, Selasa (17/1/2017) siang.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, terdapat dua OPD baru yang belum memiliki fasilitas pelayanan Kantor. Oleh karena itu, dua OPD tersebut akan tempati kedua rumah jabatan Pimpinan DPRD Belu itu untuk melaksanakan aktifitas pelayanan publik.

Baca : Delapan Personel Kodim 1605/Belu Dapat Penghargaan Purna Tugas

“Kita sudah komunikasikan antara DPRD dengan Pemkab Belu, sehingga rumah Dinas pimpinan DPRD itu dipakai oleh OPD yang baru,” ucap Tisera.

Jelas Tisera, dari sisi inventaris kedua unit rumah Dinas pimpinan tersebut merupakan aset lembaga Sekretariat DPRD Belu. Selama ini pengelolaannya oleh Sekwan Belu, tetapi Sekda Belu sebagai pengelola barang, tetap mencatat sebagai aset Pemkab Belu. “Didalam daftar inventaris barang, rumah jabatan itu aset Setwan Belu,” ungkap dia.

Ketika disinggung kapan dua unit rumah Dinas pimpinan itu mulai digunakan, Tisera menuturkan, belum mengetahui pasti kapan mulai digunakan, sebab yang lebih tahu terkait hal tersebut yakni Sekda Belu. Tugas Sekwan mengosongkan rumah dinas tersebut, yang nantinya akan ditempati oleh OPD yang baru. “Setelah itu akan dikomunikasikan dengan Sekda untuk mengaturnya lebih lanjut,” ujar mantan Kepala Inspektorat Belu itu.

Pantauan media, pada salah satu rumah Dinas itu nampak sejumlah petugas sedang melakukan pembersihan di sekeliling halaman rumah tersebut. Informasi yang diperoleh dari para pegawai di lokasi itu menyebutkan, rumah Dinas yang dibersihkan akan dijadikan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Belu dari seelumnya, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. Sedangkan satu rumah Dinas lainnya akan dijadikan Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan yang merupakan OPD baru yang dibentuk.