Sampah Dalam Kota Waingapu Butuh Perhatian Pemerintah

Bagikan Artikel ini

Laporan Muhammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Persoalan sampah dalam kota Waingapu perlu perhatian pemerintah, seperti terlihat pada selokan-selokan di pinggiran toko dan rumah pribadi masih saja berserakan sampah yang disebabkan oleh sembarangnya membuang sampah.

Salah seorang warga kota Waingapu Nikolas Arse, ketika ditemui Sabtu (14/1/2017) mengatakan, sangat prihatin ketika melihat sampah-sampah berserakan di dalam selokan seakan selokan itu tempat pembuangan akhir sampah.

“Mereka yang buang sampah di dalam selokan ini, tidak sadar sama sekali, padahal sudah ada tempat pembuangan sampah, tapi masih juga buang sampah didalam selokan,”jelas Arse.

Baca : Pesona Air Terjun Gunung Meja Miliki Keunikan

Dia menuturkan, dengan membuang sampah sembarang tentunya mengganggu, apalagi musim hujan tiba membuat air dalam selokan membawa aroma tidak sedap akan menjadikan wabah penyakit bermacam-macam, bahkan bisa berakibat banjir.

Sementara Sahuni Diana, seorang pemerhati kebersihan kota Waingapu, mengungkapkan, soal Sampah di kota Waingapu masih menjadi perhatian warga, seperti yang terlihat di selokan-selokan itu penuh dengan kotoran yang tercampur air sehingga menimbulkan aroma yang tidak enak, karna selokan dipenuhi dengan kantong-kantong plastik, bungkusan shampo, Oli bekas dan du-dus.

“Kalau dilihat pemandangan ini tidak menyenangkan, bila tidak diatasi secepatnya bisa menimbulkan penyakit, sebenarnya soal sampah ini tanggung jawab kita bersama, saya berharap pemerintah daerah punya perhatian serius terhadap kebersihan dalam kota,” harapnya.

Lanjut dia, persoalan kebersihan memang sejak tahun lalu sudah ada penertiban dari pemerintah daerah, namun oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab itu yang membuang sampah sembarang “Yah,, diharapkan dengan adanya kesadaran kita bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat karna persoalan sampah ini sangat kompleks,” tambahnya.