Sumbangan Warga Untuk Badja Capai Rp 60 Miliar

Bagikan Artikel ini

Jakarta, NTTOnlinenow.com – Sumbangan dana dari warga dalam kampanye rakyat bagi pasangan Badja mencapai Rp 60 miliar, Kampanye Rakyat telah merangsang masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif. Hal ini tentunya menjadi kemajuan yang signifikan bagi proses demokrasi di Indonesia.

Demikian Wakil Bendahara Tim Pemenangan Basuki-Djarot (Badja) Joice Triatman.

Kemajuan ini ditandai dengan pembiayaan seorang calon kepala daerah secara penuh oleh warga. Ini artinya masyarakat merasa memiliki terhadap calon gubernurnya. Selain itu, partisipasi warga ini juga akan menjadi ikatan moral bagi sang terpilih untuk bekerja bagi “yang membiayainya”.

“Sejak Reformasi bergulir, ini saat yang paling membanggakan dari perjalanan demokrasi di Indonesia. Partisipasi publik begitu besar kepada Pak Ahok dan Pak Jarot,” ungkap mantan runner up Miss Indonesia ini, Rabu (11/01) di Menteng, Jakarta Pusat.

Lebih lanjut Joice mengungkapkan, partisipasi publik sebagai salah satu pilar demokrasi akan berimplikasi terhadap semakin menguatnya demokrasi. Menurutnya, apa yang telah dilakukan Tim Pemenangan Badja dalam Pilkada di Jakarta bisa menjadi model bagi pilkada di daerah lain.

“Ini adalah habitus demokrasi yang sangat baik. Dan kami berharap akan menjadi virus yang baik untuk menjadikan demokrasi di seluruh wilayah Indonesia naik tingkat,” papar politisi NasDem ini.

Sampai hari ini, sumbangan dana dari warga bagi pasangan Badja mencapai Rp 60 miliar. Secara pribadi Joice tidak menyangka angka tersebut bisa tercapai hanya dalam waktu dua bulan saja. “Untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Dijelaskan olehnya, jumlah itu sebenarnya di atas target. Tim Pemenangan sebenarnya hanya menargetkan Rp 50 miliar saja di awal launching “Kampanye Rakyat” di awal bulan November lalu. Ada 10.385 individu penyumbang yang berkontribusi terhadap 76% total sumbangan. “Sedang sisanya dari badan hukum swasta,” imbuh Joice.

Terkait transparansi dan akuntabilitas, Joice menjamin semua transaksi tercatat dalam Laporan Penerimaan Dana Sumbangan Kampanye (LPDSK) lengkap dengan NPWP dan NIM sesuai persyaratan dari KPU.

“Aman. Semuanya bisa dipertanggungjawabkan karena kita ketat administrasi,” pungkasnya.
Rilis Fraksi NasDem