Prajurit TNI Bantu Bangun Rumah Warga Kobalima Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Malaka, NTTOnlinenow.com – Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Koramil 1605-05/Kobalima dibawah pimpinan Danramil Mayor Inf.I Gusti Made Sweda bersama anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat 321/GT dipimpin Wadan Satgas Mayor Inf. Rony melakukan kegiatan bakti sosial membantu bangun rumah warga di Kecamatan Kobalima, Kabupaten Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste pada Selasa (10/1/2017).

Dandim 1605/Belu Letkol Czi. Nurdihin Adi Nugroho melalui Danramil Kobalima Mayor Inf.I Gusti Made Sweda menyampaikan, rumah warga yang dibantu personel TNI merupakan milik bapak Yeribertus Leki yang terletak di Dusun Solo, Desa Lakekun Barat, Kecamatan Kobalima. Rumah tersebut dibangun setelah mengalami kebakaran pada tanggal 5 Januari lalu.

“Kita dari Koramil bersama Satgas 321 bantu bangun rumah bapak Yeribertus karena beliau korban kebakaran beberapa waktu lalu,” ujar dia.

Menurut Sweda, selain membantu bangun rumah warga kegiatan kerja bakti ini juga bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat gotong royong masyarakat di wilayah perbatasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca : Genjot Pembayaran Iuran Peserta JKN, BPJS Atambua Gelar PPOB Gathering

“Semangat gotong royong merupakan warisan budaya dari leluhur yang saat ini sudah mengalami kemunduran, sebab kita kembali bangkitkan gotong royong melalui kerja bakti,” ungkap dia.

Disamping membangkitkan kembali semangat gotong royong karya bhakti jelas Sweda kegiatan kerja bakti ini juga dimaksudkan untuk meringankan beban warga masyarakat yang menjadi korban, sehingga dapat meminimalis rasa trauma warga dapak dari kebakaran.

“Seberat apapun penderitaan jika dipikul bersama-sama maka beban ataupun masalah yang diderita warga akan menjadi lebih ringan. Kedepan kegiatan kerja bakti akan terus dilaksanakan bersama warga demi menumbuhkan dan meningkatkan nilai-nilai gotong royong,” kata Sweda.

Lanjut dia, kegiatan karya bakti yng dilaksanakan saat ini merupakan lanjutan dari kegiatan karya bakti TNI pada tanggal 6 Januari lalu dimana telah menyerahkan bantuan bahan rumah berupa 17 Lembar seng dan dua zak semen serta bahan lainnya.