Pantau Pasar, Gubernur NTT Dapati Harga Cabai Rp150 Ribu per kg

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Menjelang Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Lebu Raya bersama unsur Forkopimda sarta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) melakukan Sidak atau pemantauan ke Pasar Kasih Naikoten I Kupang.

Sidak yang dilkakukan Kamis 22 Desember 2016 pagi itu, Gubernur bersama rombongan menyambangi sejumlah pedagang yang berjualan di pasar tersebut sembari menanyakan harga-harga kebutuhan pokok dan komoditas serta dagangan lainnya.

Di pasar tersebut, Gubernur dan rombogan sedikit dibuat tercengang ketika mendapati harga cabai merah yang mengalami kenaikan cukup signifikan yakni mencapai Rp 150.000 ribu per kilogram (kg), dari harga sebelumnya yang rata-rata Rp 30- 35 ribu.

Sementara harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat terutama sembako (Sembilan bahan pokok) di pasaran kota Kupang relatif stabil, walau ada beberapa komoditi lainnya mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan.

“Setah kita pantau harga pasar, selama seminggu terakhir tidak ada kenaikan harga, hanya beberapa komoditas contohnya cabai alami kenaikan cukup signifikan dari Rp 30.000 naik hingga Rp 150.000 per kilo,” kata Gubernur Frans Lebu Raya.

Baca : Gubernur NTT Kunjungi Kapal Listrik Gokhan Bey

Gubernur Lebu Raya mengatakan, selain cabai, kenaikan harga komoditi lainnya yaitu pada Bawang, Ikan, Telur dan Daging Ayam. Sementara harga beras masih normal berkisar dari Rp 9.000 hingga Rp 12.000 per kg dan tidak mengalami kenaikan harga.

“Harga bawang juga naik tapi kenaikannya kecil, demikian juga ikan, karena faktor cuaca. Kalau daging ayam naik tapi lancar karna naiknya sedikit saja. Sedangkan beras, minyak goreng tidak naik,” katanya.

Kepada masyarakat, Gubernur NTT dua periode ini mengatakan, soal stok sembako terutama beras masih sangat cukup, karena itu masyarakat tidak perlu panik dengan masalah ketersediaan beras. Demikian juga gula pasir, terigu dan minyak goreng.

“Saya sudah minta Bulog untuk siap selalu bila ada masalah di pasar, Karena itu masyarakat jangan sampai gelisah terutama dalam penghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Pada kesempatan pemantauan tersebut, Gubernur dan Ketua DPRD NTT, Anwar Pua Geno juga mensosialisasikan uang baru yang sudah diluncurkan Bank Indonesia belum lama ini, kepada masyarakat khususnya pedagang dan pembeli di Pasar Kasih Naikoten I Kupang tersebut.