Akhir Triwulan IV, Penyerapan Anggaran SKPD Belum Maksimal

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Penyerapan APBD Tahun Anggaran 2016 di lingkup Pemkot Kupang hingga menjelang akhir triwulan IV tahun 2016 belum mencapai 100 persen. Masih banyak SKPD yang Penyerapan anggaran belum 100 persen. Bahkan khusus dinas PU penyerapan anggaran baru mencapai 60 persen.

Demikian Dikatakan Asisten II, Setda Kota Kota Kupang, Djamal Milla Meha Kepada wartawan di Balai Kota Kupang, Selasa (20/12/2016).

Menurutnya, belum terserapnya semua anggaran karena menyangkut pekerjaan fisik. Banyak kontraktor yang sudah menyelesaikan pekerjaan, tetapi belum mengajukan realisasi pembayaran. Kebiasaan penyedia, kata dia, menunggu hingga semua pekerjaan diselesaikan baru mengajukan realisasi pembayaran dari Pemkot Kupang.

“Sebagian besar SKPD penyerapannya sudah mencapai 100 persen. Namun, ada SKPD yang serapannya masih rendah, yaitu Dinas PU dengan 56 paket pekerjaan,” ujarnya.

Baca : Antisipasi Penumpukan Sampah Saat Natal, Dinas Kebersihan Bekerja Ekstra

Dari puluhan paket pekerjaan tersebut, serapan anggaran baru mencapai 60 persen. Sisanya belum terserap. Meski serapan anggaran di Dinas PU baru 60 persen, namun sebagian besar pekerjaan sudah selesai dilaksanakan.

“60 persen itu keuangannya, tetapi kalau mereka sudah ambil semua ya selesai. Sebab, mereka (rekanan) menunggu setelah menyelesaikan pekerjaan baru mengambil uangnya,” katanya.

Pemkot Kupang, kata Djama, akan berupaya maksimal agar pada akhir tahun nanti penyerapan anggaran bisa maksimal. Diakuinya, pada akhir tahun anggaran nanti kemungkinan penyerapan anggaran tidak mencapai 100 persen, namun paling tidak beberapa pekerjaan yang sementara berjalan direalisasikan pembayarannya. Sebab, di Dinas PU pekerjaan gedung sementara dilaksanakan.