Kado Natal PLN Untuk Rote Ndao

Listrik Menyala di Desa Oenggaut Dan desa Bo’a
Rote, NTTOnlinenow.com – Semangat PLN menerangi negeri terus dilakukan. Selasa, 20 Desember 2016, bertepatan dengan hari ulang tahun ke- 58 Provinsi Nusa Tenggara Timur, PLN Wilayah NTT melakukan Penyalaan Listrik di dua desa di Pulau paling Selatan Indonesia, tepatnya di Pulau Rote, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rilis PLN Wilayah NTT menjelaskan, kegiatan ini adalah bagian dari PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur melaunching program Penyalaan Listrik Pedesaan mendukung peringatan Hari Listrik Nasional tahun 2016, sekaligus menjadi kado Natal buat masyarakat di dua desa tersebut.

Acara ini dihadiri General Manager PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur, Richard Safkaur, dan Wakil Bupati Rote Ndao, Jonas Lun, Manajer PLN Area Kupang, Maria Goreti Gunawan dan Manajer PLN Rayon Rote Ndao, Margi Setyono.

Richard Safkaur mengatakan, program penyalaan listrik di dua desa di Rote ini merupakan mandat dari Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara untuk mempercepat kenaikan Rasio elektrifikasi di Provinsi NTT. Tahap awal penyalaan listrik di dua desa saat ini, yang sudah siap disambung di antaranya di tiga gedung gereja, satu kantor desa, dan empat rumah warga.

Baca : Atasi Padam Akibat Petir, PLN NTT Datangkan Ahli dari ITB

Untuk menyalakan listrik di dua desa ini, lanjut Safkaur, PLN membangunan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 7,8 kilo meter sirkuit (KMS), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 6,8 km dan membangun gardu distribusi sebanyak 3 buah.

“Memasuki Natal dan Tahun Baru tersebut, kami ingin hak masyarakat terpenuhi, hak para pelanggan di pulau paling selatan Indonesia. Ini adalah bentuk sinergi Pemerintah dengan PLN, tokoh masyarakat, dan kita semua masyarakat setempat untuk bersama membawa listrik menerangi di Pulau Terdepan ini,” tutup Safkaur.

Sementara Wakil Bupati Rote Ndao, Jonas Lun, mengatakan, program penyalaan di dua desa ini merupakan jawaban dari PLN yang terus menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat dimana Rote juga merupakan daerah pengembangan pariwisata dengan destinasi nasional terpopuler Selancar di Indonesia.

Dengan listrik menyala di dua desa ini, lanjut Jonas Lun, akan meningkatkan dampak positif pada anak sekolah yang jadi lebih rajin belajar, ibu-ibu bisa berusaha dan mendukung perkembangan ekonomi rumah tangga. Jadi masyarakat agar memanfaatkan listrik sebaik-baiknya.

“Saya atas nama Pemerintah dan Masyarakat berterima kasih, ini merupakan kado natal yang membawa Terang Dunia yg dibawa PLN dengan diawali penyalaan listrik di Desa Oenggaut dan Desa Bo’a , semoga kelak nantinya disepanjang Rote ini kedepan akan bersinar,” ujar Jonas.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*