Bawaslu Dorong Calon Pemilih Lakukan Perekaman e-KTP

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
7500 Warga Kota Kupang Terancam Tidak Masuk DPT
Kupang, NTTOnlinenow.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi NTT mendorong calon pemilih di Kota Kupang yang belum memiliki KTP Elektronik (e-KTP) segera melakukan perekaman e-KTP agar data mereka bisa masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan walikota (pilwalkot) yang akan ditetapkan KPU, besok (06/12/2016).

Demikian, Ketua Bawaslu NTT, Nelci Ringu kepada wartawan di ruangkerjanya, Senin (05/12/2016).

Dikatakan, saat ini terdapat 7.500 pemilih di Kota Kupang yang belum memiliki KTP elektronik (E-KTP) untuk segera melakukan perekaman. Sehingga data mereka bisa terekam dan diakomodir masuk dalam DPT.

“Kami mengharapkan agar masyarakat memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk melakukan perekaman E-KTP agar dapat didaftarkan dalam DPT. Kami juga mendorong KPU dan Dispendukcapil untuk melakukan pemetaan terhadap 7.500 pemilih potensial yang belum ber-E-KTP,” ujarnya.

Baca : Polisi Tahan Anggota DPRD Malaka dan Direktur CV Serafim Atambua

Dirinya mengharapkan, instansi teknis terkait tersebut dapat mencarikan solusi berdasarkan persoalan dari masing-masing pemilih.

“Apabila pemilih tersebut memang tidak terdaftar dalam database Dispendukcapil, maka apa boleh buat. Pemilih tersebut tidak dapat diakomodir sebagai pemilih dalam DPT. Oleh sebab itu kepada semua pihak diharapkan untuk memanfaatkan waktu yang masih tersisa ini,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya ikut mengawal data-data yang ada. “Kita akan terus mengawal data-data yang ada sehingga Pilkada Kota bisa berjalan dengan lancar dan sukses,” katanya.

Nelce menambahkan pihaknya baru selesai melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait di KPU Kota Kupang. Hal yang sama juga akan dilaksanakan di Kabupaten Flores Timur dan Lembata yang juga melaksanakan Pilkada.