Lima Kabupaten Ikut Meriahkan Lomba Pacuan Kuda Dubes Cup II

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Sebanyak lima kabupaten ikut memeriahkan lomba Pacuan Kuda Dubes Cup II tahun 2016, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT) selama empat hari sejak Minggu, 27 November hingga Kamis 01 Desember 2016 di Arena Pacuan Kuda Km 9 Kota Kefamenanu, TTU.

Ketua Panitia Lomba Pacuan Kuda Dubes Cup II, Boni menyampaikan ini kepada wartawan di sela-sela acar final perlombaan pacuan kuda tersebut di Kefamenanu, Kamis (01/12/2016).

Boni menyebutkan lima kabupaten itu yakni, Kabupaten Kupang, Rote Ndao, Belu, Sumba dan Kabupaten TTU sebagai tuan rumah. Jumlah kuda yang diikut sertakan pada lomba tersebut sebanyak 172 ekor dan diperlombakan pada sembilan jenis klas berbeda yakni, Klas B 1200 meter, Klas A1 1400 meter, Klas Sprint 1400 meter, Klas A2 1600 meter, Klas Lokal TTU 600 meter, Klas E 800 meter, Klas A Super 2000 meter, Klas D 800 meter dan Klas C 1000 meter.

“Sementara yang berhasil masuk pada babak final sebanyak 73 ekor, memperebutkan sembilan (9) unit sepeda motor jenis Yamaha Vega R, untuk juara pertama pada masing-masing klas. Sponsor utama Lomba Pacuan Kuda Dubes Cup ini adalah Bank NTT Cabang Kefamenanu,” kata Boni.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernadez mengatakan, Pemerintah Kabupaten TTU sudah menyelenggarakan lomba pacuan kuda secara rutin selama kurang lebih enam tahun terakhir. Sejak tahun 2010 hingga saat ini, selalu digelar kejuaraan pacuan kuda memperebutkan Piala Bupati TTU, dan akan terus berlangsung setiap tahunnya.

Baca : Lomba Pacuan Kuda Dubes Cup II, Perebutkan Hadiah Rp 250 Juta

“Sejak 2010 lalu pacuan kuda Bupati TTU cup terus diselenggarakan hingga saat ini, sedangkan Dubes Cup baru dilakukan sejak tahun lalu (2015-red) dan tahun inimerupakan penyelenggaraan tahun yang kedua,” katanya.

Bupati yang akrab disapa Ray Fernadez mengungkapkan, kejuaraan pacuan kuda yang digelar itu sebagai salah satu niat dan komitmen pemerintah daerah dalam menghibur, memotivasi, dan menambah pendapatan masyarakat dengan beternak kuda.

“Sekaligus momen ini sekaligus kami berterima kasih kepada seluruh masyarakat TTU yang dengan tulus ikhlas mendukung kembali kepemimpinan kami yakni Raymundus Sau Fernandez – Aloysius Kobes (Dubes) pada Pilkada serentak sembilan Desember 2015 lalu,” ungkapnya.

Total hadiah berupa uang tunai yang diperebutkan dalam kejuaraan Pacuan Kuda Dubes Cup II 2016 itu sebesar Rp 250.000.000. (Dua ratus lima puluh juta rupiah).

Kepala Bank NTT Cabang TTU, Endri Wardono mengatakan pihaknya selalu mendukung kebijakan Pemerintah Daerah TTU dalam mendorong para peternak kuda serta program yang dapat mengubah perilaku hidup masyarakat ke hal-hal yang positif. Salah satunya adalah memelihara dan merawat kuda untuk ikut dalam setiap perlombaan baik di dalam maupun di luar TTU.

“Sebagai Bank milik orang NTT kami akan mensponsori setiap kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan yang mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat yang lebih baik dan sejahtera,” tandas Endri.