Messi: Sukses Barca karena Organisasi Permainan, Bukan Kemampuan Individu

Barcelona, NTTOnlinenow.com – Barcelona menjadi salah satu tim tersukses dalam sedekade terakhir, dengan Lionel Messi disebut jadi sosok sentral. Messi yakin Barca tak bergantung padanya.

Sejak debut kompetitifnya bersama Barca pada 2005 silam, Messi telah menjadi pemain sentral tim Catalan tersebut. Dia membantu Blaugrana meraih tak kurang dari 29 gelar juara baik mayor maupun minor.

Tapi kemudian kecemerlangan Messi dinilai berbuah kurang apik untuk Barca. Barca dinilai sudah amat bergantung pada pemain internasional Argentina ini.

Meski sejauh ini selalu bisa menjawab kepercayaan dengan produktivitasnya, di lain sisi ada aspek negatif dari hal tersebut karena Barca jadi lebih kerepotan tanpanya. Namun Messi berusaha menampik adanya kekhawatiran itu dan menegaskan Barca akan baik-baik saja sekalipun tanpanya.

“Bukan soal kedua hal yang berbeda itu (ketergantungan padanya), karena saya tahu bukan itu persoalannya. Saya sudah ditanyai itu beberapa kali sebelumnya dan selalu menjawab sama,” kata Messi dalam wawancara dengan Sky Sports.

“Saya bermain untuk Barcelona, tim terbaik di dunia, dan tim ini tidak bergantung pada satupun pemain,” tambahnya.

Messi menekankan bahwa sukses Barca sejauh ini merupakan buah dari sistem yang terencana dengan baik. Barca punya filosofi permainan yang tetap dan butuh kolektivitas yang amat matang untuk menerapkannya di atas lapangan.

“Saya rasa organisasi yang terpenting. Sekaran ini, lebih dari sebelumnya, punya tim yang tertata, kompak, dan tahu bagaimana harus bereaksi di setiap situasi itu hal terpenting,” sambung Messi.

“Raihan-raihan itu tercapai ketika Anda punya tim bagus yang bekerja keras dan saya rasa segalanya dimulai dengan organisasi permainan,” demikian pemain 29 tahun ini.
Sumber : Detik.com

Share Button

One thought on “Messi: Sukses Barca karena Organisasi Permainan, Bukan Kemampuan Individu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*