Komisi II Sarankan Pemkot Ambil Alih TPI Oeba

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Komisi II DPRD Kota Kupang sarankan pemerintah Kota Kupang untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi NTT, agar pengelolaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Oeba yang selama ini dikelola Pemerintah Provinsi, segera dikembalikan pengelolaannya kepada Pemerintah Kota Kupang.

Ketua Komisi II, Melkianus Balle, kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, mengatakan, sarana tempat pelelangan Ikan sebenarnya dibangun untuk nelayan di Kota Kupang untuk menjual hasil perikanannya, namun selama ini TPI tersebut lebih sering dimanfaatkan oleh nelayan dari luar Kota Kupang maupun nelayan dari luar NTT, sehingga para nelayan yang berada di Kota Kupang tidak dapat memanfaatkan sarana itu secara baik, karena lebih didominasi nelayan-nelayan dari luar Kota Kupang. Oleh karena itu, komisi mengharapkan agar pemerintah segera mengambil alih pengelolaan TPI, agar bisa dimanfaatkan oleh nelayan di Kota Kupang.

Baca : Charles Mesang Gandeng BKKBN Sosialisasikan Generasi Berencana

Pada kesempatan itu, Selaku ketua Komisi II, Balle juga mengharapkan kepada pemerintah, khususnya dinas perikanan Kota Kupang, agar kedepan dalam pemberian jumlah bantuan sarana dan prasaranan perikanan darat kepeda kelompok tani atau warga harus seimbang dengan jumlah bantuan sarana dan prasarana yang baik, agar pengembangan budidaya ikan air tawar dapat berjalan dengan baik.

“Selama ini sesuai pantauan kami, bantuan yang diberikan tidak disertai sarana pendukung lainnya, sehingga masyarakat tidak bisa mengembangkan bantuan ikan yang diberikan. Malah bantua yang diberikan terkesan mubasir,” ujarnya.