Pemkot Akan Bentuk Satgas Pungli

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Plt Walikota Kupang, Yohanna Lisapaly mengatakan, sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia dan Arahan Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara (Mempan), dalam waktu dekat Pemerintah Kota Kupang juga akan segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) untuk memberantas tindakan Pungli dari Aparatus Daerah yang tidak bertanggungjawab.

“Sesuai amanat Menpan, kami segera tindak lanjut dengan membentuk tim Satgas Saber Pungli,” Kata Lisapaly kepada wartawan di Gedung DPRD Kota Kupang, Senin (21/11/2016).

Menurutnya, dengan adanya Satgas Saber Pungli nantinya, akan ada sejumlah kegiatan operasi yang dilakukan untuk menegakkan aturan terhadap Aparatur Negara yang sering melakukan Pungli, baik di lingkungan Kantor maupun di lingkungan masyarakat yang menjadi obyek pajak bagi daerah.

          Baca : Nilai Ekspor NTT Naik 29,21 Persen

Selain itu, dengan adanya Satgas, kata Lisapaly, masyarakat juga diberi ruang untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan Pungli yang mereka ketahui kepada Satgas untuk segera diberantas.

Ia mengaku, sebenarnya Satgas Saber Pungli ini sesuai rencana sudah dibentuk Pemerintah semenjak pekan lalu. Namun, karena belum adanya satu pemahaman tentang wajib atau tidaknya Pemerintah melibatkan pihak dan instansi terkait seperti Kepolisian atau instansi terkait lainnya, maka pembentukan Satgas tersebut ditunda hingga pekan depan.

Dikatakan, setelah dirinya mencari informasi lebih lanjut terkait pembentukan Satgas tersebut, yakni bisa dibentuk sendiri maupun berkolaborasi dengan pihak terkait, maka Pemerintah telah berencana untuk selain membentuk Satgas sendiri dalam hal pencegahan Pungli di Kota Kupang, Pemerintah juga akan membentuk Satgas yang berkolaborasi dengan pihak terkait seperti Kepolisian, agar jika terjadi hal yang bukan menjadi kewenangan dari Pemerintah, maka Pihak yang berwenang bisa mengabil alih hal tersebut.