Satgas Yonif Raider 641/Bru Peduli Warga Raihat di Perbatasan Belu-Timor Leste

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 641/Beruang kembali menggelar berbagai kegiatan kemanusian sebagai wujud kepedulian terhadap warga di Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan antara Negara Indonesia dan Timor Leste, Sabtu (19/11/2016).

Kegiatan baksos merupakan salah satu program rutin Satgas Pamtas, selain menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI. Acara yang dihadiri ratusan warga, Kades Asumanu, Tokoh Adat, Tomas, Toga, Kapolsek Raihat, Babinsa Koramil Raihat, Dankipur 2 serta Pamen Satgas itu berlangsung di dua lokasi berbeda yakni di pos Asumanu dan Maubusa Satgas Yonif Raider 641/Bru, Desa Asumanu, Kecamatan Raihat wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Timor Leste.

Adapun kegiatan tersebut meliputi pengobatan masal gratis seperti, pelayanan kesehatan, sunatan massal. Selain itu juga pemberian ratusan paket sembako kepada warga kurang mampu, perlengkapan seragam sekolah bagi anak-anak, Alkitab bagi umat Kristiani dan bibit ubi ungu kepada anggota di dua Pos untuk dibudidayakan.

Dansatgas Yonif Raider 641/Bru, Letkol Inf. Wisnu Herlambang mengatakan, kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu perwujudan kepedulian kepada masyarakat di wilayah perbatasan Belu dan Timor Leste, khususnya masyarakat di Desa Asumanu, Kecamatan Raihat.

“Kegiatan baksos hari ini kita laksanakan di Pos Asumanu dan Maubusa. Warga sangat antusias dengan pelaksanaan kegiatan bakti sosialnya,” ujar dia.

Baca: Satgas Yonif 641/BRU Gagalkan Penyelundupan Sepeda Motor ke Timor Leste

Dituturkan, melalui kegiatan baksos yang dilakukan baik hari ini maupun sebelumnya TNI juga kita juga ingin mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat. TNI berasal dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat dan bersama rakyat TNI kuat. Berbagai bantuan yang diberikan baik dalam bidang kesehatan, pendidikan maupun lainnya bisa membantu meringankan kebutuhan masyarakat yang kurang mampu di tapal batas.

“Melalui kegiatan Bhakti Sosial ini apa yang diberikan oleh kita dapat membantu meringankan beban masyarakat khususnya yang berada di Desa Asumanu,” harap Herlambang.

Sementara Kepala Desa Asumanu, Emiliana Lotuk menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan yang di berikan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider 641/BRU kepada masyarakat di Desa Asumanu. Masyarakat Desa Asumanu sangat membutuhkan pelayanan kesehatan dikarenakan kurangnya tenaga kesehatan yang ada di Asumanu. Sehingga bila mana ada masyarakat yang sakit terpaksa harus berobat ke Kecamatan yang cukup jauh untuk dijangkau.

“Kehadiran Satgas Pamtas lewat kegiatan baksos hari ini sangat membantu masyarakat kami khususnya masyarakat Desa Asumanu. Diharapkan kedepan kegiatan baksos ini akan tetap berlanjut demi membantu masyarakat kecil yang kurang mampu,” pinta Lotuk.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 33 anak mendapat pelayanan sunatan masal. Sementara paket sembako yang dibagikan sebanyak 150 paket, 15 pasang perlengkapan pakaian sekolah untuk anak kurang mampu, 100 Alkitab dan 1000 bibit ubi unggu yang akan ditanam di kebun ubi ungu milik Satgas Yonif Raider 641/Bru.