DPRD NTT Desak Pemprov Segera Tuntaskan Penataan OPD

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Nusa Tenggara Timur (NTT) mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam hal ini Biro Organisasi Setda Provinsi NTT untuk segera menuntaskan penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam masa sidang III.

Sekretaris Komisi I DPRD NTT, Emanuel Kolfidus menyampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Rabu (16/11/2016).

Menurut Emanuel Kolfidus, penataan OPD harus segera dituntaskan, pasalnya masih kerap terjadi dimana sejumlah Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang seharusnya sudah di-merger atau dihapus tetapi masih mengajukan anggaran untuk Tahun Anggaran (TA) 2017.

Baca: Masyarakat Sadar Akan Kesehatan, Indonesia Kuat

“Kantor PDE dan Sekretariat KPID misalnya, seharusnya bergabung dengan dinas Kominfo namun dinas Kominfo masih mengajukan anggaran sendiri untuk Tahun Anggaran 2017, sehingga terkesan tidak ada koordinasi dan penataannya amburadul,” kata Eman, sapaan untuk Emanuel Kolfidus.

Politisi dari Partai PDI Perjuangan ini juga mendesak pemerintah untuk mengimplementasikan PP 18 Tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah secara konsisten, mengingat masih ada program yang sama diurus oleh dua SKPD yang berbeda.

“Misalnya, Program Anggur Merah diurus oleh Bappeda dan BPMPD pada tahun anggaran 2017, semestinya sesuai tupoksi Program Anggur Merah diurus oleh BPMPD,” katanya.

Eman mengatakan, DPRD juga meminta pemerintah untuk membentuk Cabang Dinas atau Unit Pelaksana Tugas (UPT) per region atau kabupaten/kota di seluruh Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Timur.

“Selain itu, dewan juga mendorong pemerintah untuk meningkatkan Alokasi Anggaran Biro Organisasi untuk Tahun Anggaran 2017,” pungkasnya.