Pemprov Jatim Dorong Pajak Murah Impor Bahan Baku

Bagikan Artikel ini

Surabaya,NTTOnlinenow.com – Pemerintah provinsi Jawa Timur terus mendorong pajak murah untuk impor bahan baku industri bangunan dan interior. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, Kamis (3/11/2016), usai membuka pameran MEGABUILD East Indonesia 2016 di Grand City Convention & Exhibition Surabaya.

Saifullah Yusuf menegaskan dorongan tersebut telah disampaikan ke Kementerian Perindustrian dan Perdagangan. “Persoalan utama yang sudah lama dikeluhkan oleh para pelaku usaha adalah bahan baku impor. Dan ini memicu pada persaingan pada soal harga,”tukasnya.

wagub-kelambu1

Untuk itu, banyak produsen yang meminta impor pajak bahan baku dikurangi. Saifullah Yusuf mencontohkan produk kelambu yang bagus dan berkualitas saat meninjau stan pameran di MEGABUILD East Indonesia 2016, bahan bakunya diimpor dari Jepang.

Usulan pelaku industri untuk mengurangi pajak, tambah Saifullah Yusuf, memang harus didiskusikan di tingkat pusat. Selain itu, industri bahan bangunan dan interior juga perlu diberikan kesempatan yang luas mengikuti pameran internasional guna menguatkan daya saing.

“Pameran MEGABUILD East Indonesia 2016 ini semakin menguatkan daya saing produk pelaku industri. Jika daya saing bagus, harga bisa lebih kompetitif. Kami sangat mengapresiasi Reed Panorama Exhibitions selaku penyelenggara pameran,”kata Saifullah saat meninjau stan yang memamerkan produk kelambu dengan bahan baku dari Jepang.