Lagi, Warga Napan Serahkan Senpi Ke TNI di Perbatasan

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Seorang warga desa Napan kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, Martinus Taeki (70) menyerahkan dua pucuk senjata jenis springfield miliknya yang sudah disimpan sejak lama.

Komandan Satgas Pamtas RI – RDTL Yonif Raider 321/GT Kostrad, Letnan Kolonel Inf M. Ghoffar Ngismangil yang dikonfirmasi melalui Komandan Pos Napan Bawah, Letda Inf Honest Marlin mengatakan, penyerahan dua pucuk senjata itu berjalan lancar dikarenakan prosesnya dilakukan secara sukarela oleh pemiliknya sendiri.

Lebih lanjut Letda Honest menjelaskan, penyerahan senjata tersebut kepada Wadan Pos Serda Amriadi dan dua anggota lainnya. Menurutnya, ada niat baik pemilik  menyerahkan senjatanya untuk diamankan pihak TNI. Penyerahan itu berlangsung di rumah pemiliknya, Martinus Taeki saat dikunjungi tim medis TNI yang hendak memeriksa kesehatannya.

Baca: Reuni Alumni Universitas Timor-Timur di Perbatasan Belu-Timor Leste

“Awalnya pada Kamis (06/10), saya selaku Komandan Pos beserta 4 anggota, Kopda Yudi M, Praka Heri S, Praka Rusiman, Pratu Duwari melaksanakan pengecetan tempat ibadah (Kapela di desa Napan). Beberapa hari kemudian setelah itu, ada seorang warga desa Napan, Martinus Taeki mendatangi pos untuk menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan TNI sekaligus melakukan pengecekan kesehatan. Setelah pemeriksaan kesehatan terhadap bapak Martinus, beliau pulang kemudian selanjutnya ada warga lainnya, bernama Elias (28) mendatangi pos Napan dan memberitahukan ke Danpos bahwa Martinus Taeki meminta Praka Heri Sutikno datang ke rumahnya karena ada hal yang ingin disampaikan.

Saat itu dua anggota di utus Danpos ke rumah Taeki, mendampingi Wadan Pos Serda Amriadi. Di sana Martinus Taeki menceritakan bahwa ia masih memiliki dan menyimpan dua pucuk senjata jenis Springfield peninggalan jaman dulu. Kemudian dengan sukarela Martinus Taeki menyerahkan dua pucuk senjata sebagai wujud terimakasih atas perhatian seluruh anggota TNI Pos Napan Bawah yang telah membantu melakukan pengecetan rumah ibadat, melayani masyarakat dengan melakukan pengobatan keliling dari rumah ke rumah dan pembagian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu”, jelas Letda Honest per selulernya, Minggu siang (30/10/2016).

Meskipun Martinus menyerahkan dua pucuk senjata miliknya secara sukarela, Wadan Pos masih menyempatkan memberikan pengertian akan tindakan melawan hukum dan bahayanya menyimpan senjata api.