Karena Dangkal, Pelabuhan Baru Atapupu Belum Beroperasi

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua,NTTOnlinenow.com – Pasca diresmikan, pelabuhan penyeberangan orang dan barang yang terdapat di Desa Jenilu, Atapupu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu hingga kini belum beroperasi.

Pelabuhan baru Atapupu di wilayah Timor Barat perbatasan antara Negara Indonesia dan Timor Leste itu diresmikan oleh mantan Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan bersama 8 pelabuhan di NTT, pada Minggu (08/05/2016) lalu.

Pantauan media belum lama ini, suasana di pelabuhan baru tersebut tampak sepi. Tidak terlihat adanya aktivitas pelayanan yang berjalan pada pelabuhan yang berbatasan laut dengan Negara Timor Leste itu.

Baca: Menteri Perhubungan: Pelabuhan Tenau Kupang Harus Diberi Perhatian Khusus

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi yang dikonfirmasi media terkait hal itu saat dalam kunjungan kerja ke Bandara A.A Bere Talo, Sabtu (29/10/2016) mengatakan, pelabuhan baru Atapupu belum beroperasikan dikarenakan perairan di pelabuhan yang masih dangkal.

“Pelabuhannya masih kurang dalam. Kita akan segera perbaiki perdalam supaya lebih dalam lagi, sehingga bisa disandar oleh kapal-kapal yang lebih besar,” ujar dia.

Dikatakan, pendalaman pelabuhan baru di Atapupu akan segera dilaksanakan, sehingga bisa beroperasi dalam pelayanan bagi penyeberangan orang dan barang. “Apa yang kita lakukan untuk pelabuhan pastinya bertambah baik, sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan Belu,” pungkas Sumadi.