Pemkab Manggarai Akan Membuka Klinik Pertanian

Laporan Marten Don
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai berencana akan membuka klinik pertanian di Ruteng, khusus untuk menanangani masalah pertanian dengan menyiapkan para ahli khusus dibidangnya.

Demikian pernyataan Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus, SH, MH pada sambutan peringatan HPS ke-36 di desa Nao Kecamatan Satar Mese Utara, Sabtu 16/10/2016 lalu.

Klinik tersebut nantinya terbuka bagi seluruh petani ataupun kelompok tani untuk berkonsultasi menyangkut masalah pertanian, katanya.

Sebab masalah pertanian di Manggarai cukup komleks, namun salah satu masalah mendasar yang selalu dihadapi para petani di daerah itu adalah masalah gagal panen yang disebabkan oleh musim, hama atau penyakit tanaman tertentu dan kelangkaan pupuk.

Terkait masalah kelangkaan pupuk, Bupati Deno, berjanji pemerintah akan memberdayakan masyarakat Manggarai untuk mengolah pupuk sendiri, yaitu pupuk bokasih.

Baca: Jadikan Pangan Lokal Sebagai Makanan Utama dan Meningkatkan Perekonomian

Jika suatu ketika pemerintah pusat hentikan kebijakan pupuk subsidi, maka masyarakat tidak lagi kesulitan pupuk. Selain itu pupuk bokasih bebas dari unsur kimia.

Agar program tersebut berjalan baik maka sangat dibutuhkan keterlibatan seluruh stakeholder yang ada. Seluruh PPL harus selalu ada dilapangan siap bekerja keras dari pagi hingga malam, tandas Bupati Deno.

Di Manggarai, kata Dia, sebenarnya punya potensi yang luar biasa dan hampir disegala bidang, seperti pertanian, kesehatan, pendidikan, ekonomi, budaya dan pemerintahan.

Namun disamping potensi juga punya tantangan. Dimana kita belum akrab dengan teknologi. Belum bisa memanfaatkan teknologi untuk menyesuaikan dengan musim.

Selain itu, sumber daya manusia (SDM) petaninya rata-rata terbatas sehingga daya serap mereka juga menjadi sangat lambat.

Kendala lainnya juga adalah negara ini tidak konsisten. Dimana setiap pergantian pemimpin selalu ada perubahan kebijakan. Dan itu terjadi setiap periode kepemimpinan bahkan setiap tahun. Ditambah lagi musim yang selalu berubah-ubah.

Share Button

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*